Pesan Nenek: Siram Kepalamu Setelah Kehujanan!

Pernah sakit kepala setelah kehujanan? Kamu harus dengarkan apa kata nenek saya

Entah ada angin apa? Bos di kantor tiba-tiba ingin ikut main futsal. Tentu saja saya dengan senang hati mengiyakan, untungnya banyak bagi saya. Ada yang bayar ongkos sewa lapangan, makan setelah main pasti ada. Benar saja, setelah selesai main futsal, bos mengajak saya dan kawan-makan  coto yang tidak jauh dari lokasi main futsal. Saya berhasil menghabiskan satu mangkuk coto dengan tiga buah ketupat, lumayan menggantikan tenaga yang terkuras di lapangan. Gerimis baru saja turun ketika saya hendak pulang, sempat berpikir untuk menunggu reda karena tidak membawa mantel hujan. Tiba-tiba bos menepuk pundak saya dan berkata “pulangmi saja kan dekatji, nanti di rumah langsung mandi jangan lupa siram kepalamu”

Kata-kata terakhir bos tadi mengingatkan saya tentang pesan nenek di kampung, sering dilontarkan nenek setelah cucunya main hujan-hujan. “lao mu dio, bolo ulummu, mapeddi matu ulummu ko de” perintah nenek meminta cucunya mandi dan menyiram kepala agar tidak sakit kepala. Bukan satu atau dua kali saya mendengar kata-kata itu, bukan cuma bos atau nenek yang pernah saya mengatakan hal yang sama. teman kuliah, teman akrab, teman kantor juga sering mengatakan hal yang sama.

Secara tidak sengaja saya pernah mengalaminya, sehabis hujan-hujan karena malas menyentuh dinginnya air saya hanya mengeringkan kepala dengan handuk. Alhasil, kepala saya nyut-nyut beberapa saat setelahnya.

Saya jadi kepikiran, kok bisa yah nenek saya tahu akan sakit kepala jika tidak mandi setelah kehujanan?

Mencoba mengingat-ingat pelajaran yang pernah saya dapatkan di bangku kuliah, saya terhenti pada penjelasan tentang mekanisme tubuh yang unik dalam menyeimbangkan keadaan tubuh, disebut Homeostatis. Secara teori menurut Dubois (1965), Homeostasis adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan atau terhadap lingkungan internal atau eksternal yang senantiasa berubah sebagai suatu kunci keberhasilan, bertahan dan tetap hidup, atau suatu keadaan seimbang yang sifatnya dinamis, yang dipertahankan tubuh melalui pergeseran dan penyesuaian atau adaptasi terhadap ancaman yang berlangsung secara konstan.

Badan terasa hangat saat kedinginan, badan mengeluarkan keringat saat kepanasan, denyut jantung lebih cepat ketika berlari adalah contoh-contoh dari homeostatis. Proses homeostatis ini juga yang berlangsung ketika seseorang mengalami sakit kepala, sesaat setelah kehujanan. Salah satu hal yang diatur dalam keseimbangan tubuh adalah suhu, ketika kehujanan suhu tubuh otomatis juga berubah.

Ketika kehujanan tubuh akan terpapar hawa dingin, tubuh dengan mekanisme homestatis akan mencoba menyeimbangkan keadaan dengan meningkatkan suhu tubuh. Sebenarnya tidak ada masalah jika kehujanannya seluruh tubuh, namun keseringannya yang kena hujan adalah kepala. Ketika kepala dingin oleh air hujan, tubuh akan meningkatkan suhu khusus daerah kepala sementara badan tetap dengan suhu yang normal. Perbedaan suhu inilah yang membuat kepala sakit, energi dan suhu yang lebih besar di kepala membuat tekanan di kepala juga lebih besar.

Mandi memang menjadi cara paling sederhana dan cepat untuk mengatasi itu, dengan mandi dan menyiram seluruh tubuh mulai dari kepala akan membuat suhu tubuh merata. Tidak salah pesan nenek saya.

Tubuh memang sudah dirancang mampu bertahan dalam kondisi yang beragam, namun tetap saja ada beberapa keadaan yang tidak bisa disesuaikan tubuh. Sama seperti sakit kepala setelah kehujanan, tubuh sebenarnya sudah melakukan tugasnya dengan baik, hanya saja pada kondisi ini terlalu spesifik.

Entah bagaimana orang-orang dulu seperti nenek saya mengetahui hal-hal seperti ini, meski ia tidak mengatakan tentang homeostatis tapi yang dikatakan nenek saya ternyata punya korelasi terhadap ilmu pengetahuan yang berkembang sekarang.

Selanjutnya pintar-pintarnya kita menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi seimbang. Jaga kondisi tubuh tetap prima, gunakan pakaian tebal saat musim hujan adalah cara paling sederhana menjaga tubuh. Terutama di musim hujan seperti sekarang, tapi jangan takut main hujan, setelah itu mandi dan siram kepalamu.

Similar Posts