Hal Hal Yang Harus Dipersiapakn Sebelum Anda Naik Gunung

Pilih lokasi, jarak, ketinggian, tingkat kesusahan, dan waktu yang dibutuhkan sebelum mengawali. Sesuaikan segala elemen itu dengan situasi tubuh serta waktu yang dimiliki. Ada pantasnya memilih lokasi yang tak terlalu susah untuk pertama kali.

Kiat mendaki gunung untuk pemula

Sesudah memutuskan ke mana akan hiking untuk pertama kali, mulai dengan kiat berikut ini:

1. Bawa perlengkapan

Meskipun medan pendakian tak terlalu susah, konsisten perlu ada persiapan khusus seperti:

Alat navigasi seperti alat penunjuk arah, peta, atau GPS
Air dibawa dalam kemasan yang tak terlalu memakan daerah
Membawa snack yang dapat menjadi sumber daya
Senter
Proteksi dari sang surya seperti topi, sunglasses, dan tabir surya
Obat pertolongan pertama
Multi-tool atau pisau serbaguna
Telepon
Kantong bendung air untuk menaruh barang elektronik
Tas bendung air

2. Baju

Kekeliruan yang paling acap kali dikerjakan pemula dikala mendaki gunung yaitu mengenakan baju umum. Artinya, baju itu belum tentu melindungi dari medan yang dihadapi dikala mendaki.Sebagian hal yang seharusnya dikenakan yaitu:

Sepatu atau boots
Baju bendung air
T-shirt kaki
Celana panjang bendung air
Topi

3. Makanan dan minuman

Adakalanya, pendaki pemula linglung seberapa banyak makanan dan minuman yang seharusnya dibawa. Kalau terlalu sedikit, kuatir kelaparan atau kehausan di tengah pendakian. Sebaliknya jikalau terlalu banyak, dapat membikin turunan kian banyak.Pilih makanan yang ringan, gampang disimpan, serta mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Kecuali itu, biasanya dianjurkan mengkonsumsi 1 liter air tiap pendakian selama 2 jam. Tapi, suhu ikut berakibat kepada takaran ini.Simpan makanan dan minuman dalam kemasan yang tak terlalu besar. Sebagai figur, minuman dapat disimpan di dalam pouch yang dapat digulung daripada botol berukuran besar.

4. Sistem aman mendaki

Hikers pemula perlu tahu metode aman mendaki, dengan mengingat sebagian hal seperti:

Riset rute secara pasti dan detil
Lihat jalan masuk air dan makanan
Sesuaikan baju dengan cuaca
Sampaikan ke orang lain ke mana rute pendakian
Bawa telepon genggam
Observasi prakiraan cuaca setempat
Lakukan pendakian dengan kecepatan tetap

5. Komunikasikan dengan orang lain

Bagus pendaki pemula ataupun profesional seharusnya menyajikan agenda perjalanan secara detil dengan sahabat atau member keluarga. Kalau menaiki kendaraan untuk menempuh rute permulaan pendakian, tinggalkan perencanaan rute di dalam kendaraan beroda empat.Seandainya pendakian dikerjakan sendirian di daerah terpencil, pertimbangkan membawa personal locator beacon. Ini yaitu perangkat elektronik yang dapat diaktifkan di dikala darurat dan memberi sinyal pada regu penyelamat.

6. Mendaki dengan buah hati atau binatang peliharaan

Seandainya hiking dikerjakan dengan buah hati atau binatang peliharaan, persiapan perlu lebih komplit lagi. Si di umur berapa malahan dapat mulai turut pendakian, cuma beda peralatannya. Secara, pastikan buah hati-buah hati konsisten kering, hangat, dan merasa kekenyangan.Pilih rute yang tak terlalu panjang dan ramah bagi pemula. Kemudian, pastikan kerap kali stop untuk memandang tanaman, bebatuan, binatang di alam, dan lainnya. Sesuaikan kecepatan dengan kecakapan buah hati.Kalau membawa serta binatang peliharaan seperti anjing, pastikan membawa makanan dan air dalam kemasan khusus. Berhentilah lebih acap kali untuk memberikan asupan itu kepadanya.Tidak keok penting, senantiasa bawa kantong untuk membawa kotoran binatang peliharaan. Jangan membuang sembarangan kotoran anjing Anda. Seandainya perlu, lakukan latihan di rumah perihal penanganan kotoran sebelum berangkat mendaki.

7. Lakukan pasca-pendakian

Sesudah hiking tuntas dikerjakan, masih ada sebagian hal yang perlu dikerjakan:

Peregangan otot supaya tak timbul DOMS dan pemulihan lebih pesat
Kembali menghidrasi tubuh
Makan yang bergizi
Keringkan dan bersihkan baju serta aksesoris yang dikenakan

Kecuali sebagian kiat di atas, pendaki pemula juga perlu ingat pesan yang telah menjadi peraturan tidak tertulis bagi pendaki gunung, ialah:

Jangan ambil apa saja selain gambar
Jangan meninggalkan apa saja selain jejak
Jangan bunuh apa saja selain waktu

Similar Posts