Hindari Hal-Hal Berikut Ini Jika Ingin Bertamu Ke Rumah Orang

Berkunjung ke rumah teman atau saudara adalah hal yang biasa. Sesekali itu perlu dilakukan untuk mempererat hubungan baik, di antara kalian. Tetapi kamu harus ingat bahwa ada beberapa poin penting, yang pantang diabaikan saat kamu bertandang ke rumah teman atau saudaramu. Walaupun sepele, namun ada tindakan atau sikap yang sebaiknya gak kamu lakukan saat bertamu, ya.

Tak mau kan, teman atau saudaramu menganggapmu kurang sopan, karena kerap bertindak seenaknya? Bisa-bisa nanti kamu di-blacklist, lho.

Lalu apa saja sih, kebiasaan kurang baik yang perlu kamu hindari ketika bertamu ke rumah orang? Berikut tujuh di antaranya.

1. Datang terlalu pagi atau larut malam

Bertamu ke rumah teman itu wajar dilakukan oleh siapapun. Tapi harus dicamkan kalau kamu sebaiknya gak datang seenaknya. Misalkan saja, berkunjung saat pagi hari atau datang terlalu malam. Di pagi hari adalah waktu buat semua orang beraktivitas sementara malam hari adalah waktu untuk beristirahat dan berkumpul bareng keluarga masing-masing.

Kalau sekiranya kamu tak memiliki urusan mendesak dengannya, dan harus segera mungkin diselesaikan lebih baik datang di jam yang tepat ya. Atau tanyakan dulu pada temanmu, apakah dia memiliki waktu luang, saat kamu hendak ke rumahnya.

2. Masuk ke dalam rumah tanpa izin

Saat bertandang ke rumah teman, jangan sesekali masuk ke dalam rumah bila belum dipersilahkan. Ya, walaupun kalian sudah terhitung sahabat karib, namun kamu tetap harus menjaga kesopanan. Mungkin temanmu gak merasa keberatan, tapi orangtua atau saudaranya belum tentu berpikiran sama. Selain menghormati si pemilik rumah, tidak masuk sembarangan ke dalam rumah mereka, juga akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang santun.

Apalagi sampai berkeliling ke bagian dalam rumahnya tanpa permisi. Sebelum ada aba-aba dari si empunya rumah, jangan sesekali lanjang masuk ke dalam ya. Seperti saat ingin buang air kecil, pasti kamu akan meminta izin terlebih dahulu untuk memakai kamar mandinya, kan.

3. Terang-terangan minta makan

Terkadang, karena saking akrabnya kamu sampai gak sungkan minta ini-itu saat main ke rumah temanmu. Mungkin sebagian orang menganggapnya wajar, tapi ada pula lho yang akan menilai itu kurang sopan. Terang-terangan minta makan yang aneh-aneh akan mengukir image buruk padamu, lho. Iya, kalau saat itu temanmu memiliki makanan di rumahnya, kalau tidak? Dia pasti enggan berkata gak ada makanan, dan terpaksa membelikanmu sesuatu. Nah, jatuhnya malah merepotkan bukan?

Sebagai tuan rumah yang baik, tentu saja dia akan menyediakanmu camilan atau setidaknya minuman kok. Kalaupun kamu ingin banget makan karena lapar, lebih baik ajak dia keluar untuk cari makanan deh.

4. Terlalu sering main ke rumahnya

Siapa sih yang gak senang teman atau saudaranya berkunjung ke rumah? Tapi kalau datangnya keseringan, bisa berubah jadi menyebalkan dong ya. Bayangkan bila ada temanmu yang hampir setiap hari main ke rumah, lama-lama kesel juga kan. Nah, begitu pula sebaliknya, kamu boleh kok berkunjung ke rumah teman atau saudara tapi ingat jangan terlalu intens ya. Misalkan seminggu bisa lima enam kali menghabiskan waktu di rumahnya.

Sepertimu, dia juga punya kesibukan sendiri yang harus diselesaikan. Atau sekedar menghabiskan waktu luang bersama keluarganya. Jika hampir tiap hari kamu “mengganggunya”, dia bisa malas berteman denganmu lho. Jadi kalau mau bertandang ke rumah orang jangan tiap hari juga, ya.

5. Membuat kegaduhan

Ketika berada di rumah teman, kamu wajib menjaga kesopanan. Selain tidak berkeliling rumah seenaknya, kamu juga pantang membuat keributan. Seperti bicara terlalu keras atau tertawa dengan nada menggelegar. Ingat, meskipun kamu hanya berdua dengan temanmu sekalipun tapi ada pula tetangga dekat rumahnya yang juga bisa mendengarmu. Gak mau kan, saat main lagi ke rumahnya kamu dianggap norak oleh tetangga bahkan keluarganya.

Kalau begitu, kamu gak boleh jadi diri sendiri dong? Bukannya begitu, tapi menahan diri dan tahu tempat itu wajib hukumnya. Toh, itu juga menyangkut harga dirimu sendiri kok.

Similar Posts