Dampak Negatif Terhadap Anak Akibat Orang Tua Terlalu Sibuk Bekerja

Banyak keluarga dengan suami istri berprofesi di luar rumah untuk memenuhi keperluan rumah tangga. Tingginya tarif hidup menjadi salah satu unsur utama suami istri terpaksa berprofesi.

Sebab keadaan ini, si kecil-si kecil dititipkan ke orang tua atau pengasuh. Memang menjadi problem bagi orang tua, terlebih ibu yang berprofesi, menghadapi problem ini. Jikalau mereka berprofesi, akan meninggalkan si kecil-si kecil di rumah. Sebaliknya, seandainya tak berprofesi, karenanya ada kekhawatiran keperluan si kecil tak terpenuhi.

Sebetulnya ada setidaknya enam akibat negatif pada keluarga dengan suami istri berprofesi. Berikut di antaranya.

1. Kesusahan membesarkan si kecil

Sebab jadwal kerja, orang tua sering kali menghadapi kesusahan dalam memberikan waktu yang cukup untuk si kecil-si kecil. Hal ini membikin orang tua tak cakap menanamkan skor-skor dan adab esensial pada mereka. Malah, seandainya orang tua mencoba menghabiskan lebih banyak waktu dengan si kecil-si kecil, jadwal kerja yang sibuk mengatur mereka untuk menetapkan si kecil-si kecil mempelajari skor-skor yang bagus.

2. Buah kesepian

Sebab si kecil-si kecil kecil dan tak cakap merawat diri sendiri, mereka mungkin merasa kesepian tanpa absensi orang tua. Sementara orang tua berprofesi di kantor, si kecil-si kecil mungkin mengharapkan seseorang untuk bersama dan memperdengarkan problem mereka. Seringkali si kecil-si kecil kecil merasa tak nyaman dikala tak menemukan orang tua atau seseorang yang dekat dengan mereka. Dalam hal itu, dikala kakek-nenek hadir di keluarga, si kecil-si kecil merasa dicintai dan bergembira, malah seandainya orang tua tak ada di dekat mereka.

3. Bolosnya member keluarga

Salah satu hal negatif merupakan kehadiran sosok ayah atau ibu yang diharapkan si kecil-si kecil, terlebih pada peristiwa istimewa, seperti hari kelahiran atau hari raya, yang sesekali profesi dapat mengambil kembali waktu orang tua mereka.

4. Kurangnya dukungan emosi

Tiap-tiap pasangan via masa dikala mereka mempunyai perselisihan dalam relasi. Ini dapat menjadi benar-benar sering kali seandainya pasangan berprofesi dan orang tua dari si kecil kecil. Selama waktu seperti itu, pasangan ini mungkin memerlukan seseorang untuk memberi dukungan emosi. Dalam hal itu, dukungan member keluarga besar sesungguhnya bisa menolong pasangan untuk menuntaskan problem.

5. Merasa dipungkiri

Pasangan berprofesi di luar rumah dapat membikin si kecil merasa dipungkiri. Mereka merasa orang tua tak peduli dan cuma mementingkan profesi. Hal ini dapat membikin si kecil mencari pelarian dan kebahagiaan di luar rumah.

6. Permasalahan keamanan relasi

Dikala suami istri sibuk di luar rumah, malah waktu mereka berdua saja benar-benar susah diperoleh, akan berpengaruh buruk pada kelangsungan relasi sebab dapat saja kegiatan menghilangkan komunikasi, malah pertemuan antara mereka berdua.

Similar Posts