Kabar Gembira Tenaga Kerja Honorer Akan Diangkat Jadi PNS

Pemerintah tak akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) besar-besaran pada tahun 2022. Melainkan pemerintah akan membuka CPNS untuk kekuatan honorer.

Pemerintah akan membuka peluang bagi kekuatan honorer menjadi PNS. Hal ini menyusul kebijakan pemerintah yang memastikan dua variasi pegawai pemerintah, yaitu PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Oleh sebab itu, untuk memfasilitasi kekuatan honorer yang masih ada di instansi pemerintah, akan dibuka peluang menjadi CPNS.

Dikabarkan, Plt Kepala Biro Tata, Komunikasi, dan Berita Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Mohammad Averrouce mengatakan, kekuatan honorer yang ketika ini telah berprofesi di instansi pemerintah akan diangkat menjadi CPNS, tapi dengan pelaksanaan seleksi. Sesudah menjadi CPNS, kekuatan honorer dapat diangkat menjadi PNS.

Pengangkatan kekuatan honorer menjadi PNS diprioritaskan bagi kekuatan guru, kekuatan kesehatan, kekuatan penyuluh pertanian/perikanan/peternakan, dan kekuatan teknis yang amat diperlukan pemerintah. “Dengan pelaksanaan seleksi CASN pengangkatannya,” ujar Averrouce terhadap Alat.com, Kamis (20/1/202).

Averrouce menambahkan, merujuk PP 48 Tahun 2005 perihal Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, ada sejumlah hal yang perlu dipahami berkaitan pengangkatan honorer menjadi CPNS hal yang demikian.

Kriteria pengangkatan kekuatan honorer menjadi CPNS

  • Tenaga honorer yang akan diangkat menjadi CPNS ialah mereka yang memenuhi kriteria umur dan masa kerja sebagai berikut:
  • Tenaga honorer yang berusia optimal 46 tahun dan memiliki masa kerja 20 tahun atau lebih secara terus-menerus
  • Tenaga honorer yang berusia optimal 46 tahun dan memiliki masa kerja 10-20 secara terus-menerus
  • Tenaga honorer yang berusia optimal 40 tahun dan memiliki masa kerja 5-10 tahun secara terus-menerus
  • Tenaga honorer yang berusia optimal 35 tahun dan memiliki masa kerja 1-5 tahun secara terus -menerus.

Melainkan demikian, pengangkatan CPNS akan diprioritaskan bagi kekuatan honorer dengan umur paling tinggi atau masa pengabdian paling lama. Kriteria lama masa pengabdian tak dilegalkan bagi pegawai honorer kekuatan dokter yang sudah atau sedang bertugas di unit pelayanan kesehatan milik pemerintah.

Selama mereka masih berusia di bawah 46 tahun dan bersedia ditugaskan di daerah terpencil minimal 5 tahun, karenanya dia akan diangkat menjadi CPNS sesudah lulus seleksi.

Pengerjaan seleksi pengangkatan CPNS kekuatan honorer

Merujuk PP 48/2005, seleksi itu mencakup seleksi administrasi, disiplin, integritas, kesehatan, dan kompetensi. “Seleksi ini akan dilegalkan bagi segala pegawai honorer yang berharap diangkat menjadi CPNS,” katanya lagi.

Kecuali itu, mereka juga mesti mengisi atau menjawab daftar pertanyaan mengenai pengetahuan tata pemerintahan/kepemerintahan yang bagus, dan prosesnya terpisah dari pelamar lazim. Daftar pertanyaan ini akan dibentuk oleh Regu Koordinasi Tingkat Nasional.

Kecuali diangkat CPNS, pegawai honorer juga mungkin diangkat menjadi PPPK, merujuk ketetapan yang ada di PP 49/2018.

Sebagaimana diinfokan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memberikan waktu terhadap instansi pemerintah untuk menuntaskan tentang kekuatan honorer sampai 2023.

Dan untuk memenuhi memenuhi keperluan penyelesaian profesi mendasar, seperti kekuatan kebersihan (cleaning service) dan kekuatan keamanan (sekuriti), direkomendasikan untuk dipenuhi via kekuatan alih tenaga (outsourcing) dengan bobot tarif lazim, bukan tarif gaji.

Similar Posts