Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

Di era globalisasi ini, media sosial mengatur peranan yang benar-benar penting dalam keperluan bersosialisasi dan komunikasi. Cuma dalam satu genggaman, segala manusia di muka bumi sekarang dapat dengan mudahnya bertukar berita, mengakses gambar atau video, sampai pengetahuan baru tanpa celah. Sebagian media sosial yang kita pakai sebab kemudahannya yaitu Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. Saking mudahnya, kita jadi tak jarang lupa diri dan pun menghabiskan waktu dengan scrolling media sosial. Di samping itu, kini marak pula terjadinya penyalahgunaan media sosial seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal fatal lainnya yang dapat merugikan banyak pihak. Lewat sebagian metode berikut ini, kita dapat memakai media sosial secara arif dan bertanggung jawab:

Jangan Asal Posting Konten

Sadari betul bahwa akun media sosial kau dapat dipandang secara publik, termasuk segala postingan di dalamnya. Oleh sebab itu, kau patut lebih arif dalam memilih konten-konten sebelum diunggah di media sosial. Meskipun bahkan platform media sosial dikala ini punya fitur privasi yang dapat kau atur, tetapi tidak ada salahnya memakai media sosial dengan lebih bagus dan berkhasiat sehingga tak menyinggung pihak lain.

Tidak Perlu Terperinci Mencantumkan Kabar

Di era komputerisasi yang kian canggih, kian canggih pula kezaliman siber. Dalam akun media sosial, jangan pernah mencantumkan berita pribadi yang detailkarena kita tak pernah tahu ancaman-ancaman apa yang sedang memata-matai. Protect your privacy!

Jaga Norma

Senantiasa sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya, tapi bukan berarti bebas pula dalam bersopan santun. Jaga senantiasa sopan santun, sopan santun, dan senantiasa bersikap respect terhadap sahabat atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita. Hindari pemakaian kata-kata kasar atau yang mengandung elemen SARA. Hormatilah orang lain sebagaimana kita berharap dihormati.

Lantas Waspada dan Jangan Jikalau Percaya

Akan senantiasa ada limpahan berita atau orang-orang tidak bertanggung jawab yang wara-wiri di media sosial. Filter telah demikian ini, kau patut mawas diri dalam menyaring berita-berita yang tersebar. Waspadai pula pengguna-pengguna tidak diketahui yang tiba-tiba mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang terang untuk mencegah terjadinya pembohongan atau hal-hal lain yang tidak diharapkan.

Diikuti Akun-akun yang Padahal

Seiring perkembangannya, media sosial terbukti benar-benar berdampak kepada kesehatan mental. Kita acapkali ‘silau’ dengan kehidupan orang lain yang kita lihat di media sosial, dan membandingkannya dengan kehidupan kita. Menuntaskan, segala yang tampil di media sosial hanyalah kulit luar yang tak kita kenal isi sesungguhnya. Arif hal itu, ikutilah akun-akun berkhasiat, menghibur, atau kredibel yang justru dapat menambah wawasanmu. Jauhi akun-akun yang jikalau toxic dan tak mempunyai kegunaan apa saja.

Pakai bermedia-sosial, patut arif pula memakai kuota dunia maya. Peroleh layanan dunia maya dari ardianadw.com. Dengan alternatif paket dunia maya unlimited yang betulan gak ada batasnya, gak perlu lagi boros tarif buat beli kuota. pula diskon dan berjenis-jenis penawaran menarik lainnya bagi pelanggan baru.

Similar Posts