Tips Ampuh Menagih Utang ke Sahabat

Sebagai pemberi pinjaman, Anda memiliki hak menerima kembali uang yang dipinjam dalam rentang waktu layak perjanjian. Terlepas dari relasi persahabatan, Anda konsisten memiliki hak akan hal itu.

Kesusahannya yaitu bagaimana sistem menagih utang ke sahabat yang lupa melunasinya. Meskipun telah ada tenggat waktu yang sahabat Anda janjikan, atau malah telah lewat batasnya.

Pasti banyak alasan yang kadang-kadang membikin Anda sebal dengan sahabat seperti itu. Sedangkan banyak juga dari Anda yang merasa kasihan mendengar alasan-alasan mereka menunda pelunasan.

Coba amati kiat sistem menagih utang ke sahabat berikut ini yuk!

Inilah 5 Metode Ampuh Menagih Utang ke Sahabat

Ingatkan Tenggat Waktu Pembayaran

Jangan lupa untuk memutuskan deadline pelunasan pinjaman. Di antara Anda dan sahabat Anda wajib telah mengenal pengaruh dari keterlambatan pengembalian. Dari sisi Anda pasti merasa dirugikan, apalagi dikala itu kebetulan Anda sedang memerlukan uang juga.

Seandainya perlu, buat perjanjian tertulis antara Anda dengan sahabat Anda sebagai bukti bahwa sahabat Anda telah lewat deadline yang sudah disepakati bersama. Cobalah berdiskusi bagus-bagus dengan sahabat Anda dan ingatkan perihal hal ini secara sopan.

Beritahu Keperluan Anda

Kalau sistem pertama dikesampingkan, Anda dapat mulai mengawali percakapan lagi dengan sahabat Anda di kemudian hari. Ceritakan keperluan Anda dikala itu, bahwa Anda sungguh-sungguh menginginkan pelunasan secepatnya.

Uang Anda yaitu hak Anda. Jadi, Anda tak perlu kuatir akan menyinggung perasaan sahabat Anda selaku peminjam. Sebisa mungkin Anda menyampaikannya dengan bagus dan sopan. Hilangkan rasa tak nikmat Anda.

Meminta Bantuan Pihak Ketiga

Metode ketiga yaitu minta bantuan terhadap pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud merupakan sahabat dekat, teman, atau pacar dari sahabat Anda. Meminta bantu pada salah satu dari mereka untuk menagih utang sahabat Anda.

Hal ini dijalankan sesudah tak ada kemajuan dari sahabat Anda yang mempunyai utang. Karena lazimnya seseorang akan kencang menyadari kesalahannya saat ada sahabat dekat atau pacar yang mengingatkannya secara seketika.

Hubungi Keluarga Dekatnya

Metode keempat ini telah masuk ke tahap serius. Kalau mulai ada pertanda-pertanda menjauh dan akan menghilang dari sahabat Anda, seketika saja Anda hubungi keluarga dekatnya yang tinggal satu rumah dengannya.

Jangan takut, Anda patut berupaya keras menerima hak Anda kembali. Tetapi, tetaplah berdiskusi sopan dengan keluarganya. Jangan hingga Anda dicap sebagai penagih utang yang kejam dan jahat.

Datangi Rumahnya

Ini yaitu alternatif terakhir Anda dalam menagih utang sahabat Anda. Datangi rumahnya di mana malah dia tinggal. Oleh sebab itu, pentingnya bukti perjanjian dalam pinjam meminjam. Karena sekiranya ada keadaan sulit seperti ini, Anda tak linglung mencari di mana domisili rumahnya.

Seandainya sahabat Anda tak ada harapan untuk membayar, Anda dapat membawa keadaan sulit ini ke ranah peraturan. Dengan persyaratan, utang sahabat Anda ada pada nominal yang besar dan butuh pertanggungjawaban.

Similar Posts