Cara Cepat Sembuh Dari Virus Omicron

Dibanding varian lain sebelumnya, Omicron dikatakan lebih ringan gejalanya. Cara pemulihan sampai sembuh malahan bagi beberapa orang relatif lebih gampang, cuma perlu hal-hal simpel untuk mempercepatnya.
Dokter paru senior dari RS Pertemanan dr Erlina Burhan, SpP(K), membeberkan gejala COVID-19 pada varian Omicron memang mirip flu, padahal tak sama persis. Tapi Omicron sebaiknya tak diremehkan sebab konsisten dapat berpengaruh fatal pada golongan berisiko.

“Gejalanya memang bervariasi dari orang ke orang,” tutur dr Erlina, dalam siaran Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Selasa (22/2/2022).

Sebagian metode sederhana untuk mempercepat cara kerja penyembuhan ialah sebagai berikut:

1. Istirahat

Sebagaimana penyakit pengaruh virus lainnya, COVID-19 juga bersifat self limitting disease. Artinya, penyakit ini pada dasarnya akan sembuh dengan sendirinya dikala cara kekebalan tubuh kapabel menyelesaikannya. Rehat yang cukup ialah salah satu metode memaksimalkan cara imun.

“Ya jadi tujuan isolasi mandiri ialah bukan cuma mengurung diri, melainkan sesungguhnya untuk rehat. Tubuh Anda diberikan rehat sebab memang sedang ada virus dan virus itu dapat saja membikin beragam perubahan-perubahan cara,” terang dr Erlina.

2. Makan makanan bergizi

Metode imun tubuh juga memerlukan gizi yang bagus untuk dapat berfungsi dengan maksimal. Sebab itu, dr Erlina memberi masukan untuk menjaga diet atau pola makan dengan gizi setara.

“Artinya, karbohidratnya ada, proteinnya ada yang dapat dari ikan, daging ayam, atau sapi, atau dapat dari telor juga dapat. Pokoknya karbohidrat, protein maupun lemak, juga vitamin, sayuran, dan buah-buahan,” terang dr Erlina.

3. Olahraga

Nah, ini yang orang kerap kali salah mengerti. Olahraga dalam rangka pemulihan situasi bukanlah olahraga dengan intensitas tinggi, tetapi intensitas ringan-sedang yang ditandai dengan nafas yang tak hingga ngos-ngosan. Terlalu berat berolahraga justru dapat membikin tubuh makin drop.

Perlu dilihat pula, seseorang yang terinfeksi dapat menularkan kembali virus Omicron ke orang lain. Sebab itu, olahraga untuk pemulihan cuma boleh dikerjakan di lingkungan yang terkontrol, semisal di rumah sendiri.

4. Berjemur

Salah satu metode gampang untuk meningkatkan imun tubuh ialah berjemur. Ada banyak perhitungan untuk memastikan waktu terbaik untuk berjemur, salah satunya UV index. Melainkan untuk mudahnya, berjemur dapat dikerjakan selama 10-15 menit antara pukul 09.00 dan 13.00. Tak keok penting, konsisten jaga protokol kesehatan supaya tak saling menularkan.

Similar Posts