Dampak Akibat Pergaulan Bebas Terhadap Remaja

  

Persahabatan atau pergaulan jadi salah satu sistem bagi para individu dalam belajar, bersosialisasi, dan langkah dalam mencari jati diri. Lalu apa jadinya jikalau seseorang masuk ke dalam pergaulan bebas atau salah bergaul? Sesungguhnya apa sih pergaulan bebas itu? Apa penyebab dari munculnya perilaku pergaulan bebas? Dan apa saja pengaruh dari pergaulan bebas hal yang demikian?

Dalam tulisan ini kita akan membahasnya. Mari simak ulasannya di bawah ini.

APA ITU PERGAULAN BEBAS?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pergaulan yaitu kehidupan persahabatan atau sistem bermasyarakat. Bebas sendiri mempunyai arti kata tak terhalang, tak terikat undang-undang. Jadi, secara garis besar pergaulan bebas yaitu suatu perbuatan persahabatan yang tak terikat oleh seluruh regulasi dan etika yang berlaku di dalam masyarakat.

Pergaulan bebas lebih mengarah ke sikap dan perilaku yang negatif. Perilaku ini acap kali dijalankan oleh para remaja dan orang dewasa, melainkan tak menutup kemungkinan juga akan terjadi pada buah hati-buah hati. Pergaulan bebas jadi salah satu perilaku yang menyimpang dalam masyarakat. Banyak pengaruh pergaulan bebas yang merugikan para remaja seperti menurunnya prestasi, putus sekolah, sampai hamil di luar nikah.

PENYEBAB PERGAULAN BEBAS

1. Kontrol Diri

Salah satu penyebab dari munculnya perilaku pergaulan bebas yaitu lemahnya kontrol diri. Seseorang yang mempunyai kontrol diri rendah tak dapat membedakan mana yang bagus dan buru. Ini membikin buah hati akan mempunyai potensi lebih besar untuk melaksanakan perbuatan yang melanggar sopan santun.

2. Gaya Hidup

Gaya hidup yang modern terbukti jadi salah satu penyebab pergaulan bebas yang acap kali terjadi pada remaja. Apabila seseorang mencontoh popularitas yang tak pantas dengan etika, pada akibatnya akan memicu pergaulan bebas.

3. Kurangnya Poin Keagamaan

Dengan memberi tahu poin agama terhadap buah hati, dia dapat menerima poin-poin sopan santun yang berlaku di lingkungannya. Dengan seperti itu, buah hati-buah hati akan paham hal apa saja yang bagus dan yang buruk.

4. Keluarga

Kurangnya perhatian dari orang tua bisa menyebabkan pergaulan bebas. Dalam hal ini tentunya keluarga yang sepatutnya menjadi pengajar utama dan paling pertama dalam kehidupan buah hati. Sehingga buah hati membutuhkan pendamping serta dukungan yang bagus dari orang tua dan keluarga. Apabila kontrol orang tua kurang memadai, kekerabatan internal yang rendah, dan keluarga yang mempunyai banyak perselisihan karenanya akan membikin buah hati-buah hati dekat dengan kenakalan remaja.

5. Internet

Berkembangnya teknologi jadi salah satu penyebab merebaknya pergaulan bebas. Di dunia maya, seluruh orang dapat mengakses apa saja untuk berkomunikasi dengan siapa saja. Salah satu kelemahan dalam dunia maya yaitu bisa merusak sopan santun buah hati sehingga menjadi lebih tak terkontrol.

AKIBAT PERGAULAN BEBAS

1. Kenakalan Remaja

Seorang ilmuwan sosiologi, Kartono, mengatakan jikalau kenakalan remaja yaitu gejala patologis sosial yang dialami para remaja yang disebabkan satu wujud pengabaian sosial yang membikin perilaku menjadi menyimpang

Imbas pergaulan bebas dalam wujud kenakalan remaja bahkan dapat bermacam diawali dari mengganggu ketertiban dan kedamaian lingkungan, sampai hingga ke tahapan yang ekstrem seperti adu jotos, menerapkan obat-obatan terlarang, berjudi, dan merugikan orang lain.

2. Gangguan Kesehatan

Imbas dari pergaulan bebas yaitu mengkonsumsi obat-obatan, mengisap rokok, minum-minuman keras, dan lainnya bisa menyebabkan dilema kesehatan. ada gangguan kesehatan yang memata-matai ketika remaja kecanduan mengkonsumsi narkoba dan miras, seperti :

Mau melaksanakan sesuatu termasuk makan sehingga lahiriah akan lebih lemah
Gaya hidup yang tak higienis dan lebih gampang terkena penyakit
Mual, muntah, susah tidur, sampai sakit kepala
Adanya gangguan otot, meningkatnya tekanan darah, dan gangguan keseimbangan
Lamban dalam berdaya upaya
Terjadi gangguan mental

3. Seks Bebas

Seks bebas yaitu sistem seseorang dalam melepaskan dorongan seksual yang berasal dari belum matangnya organ seksual seperti pengaruh dari berpacaran, bercinta, sampai melaksanakan kontak seksual. Apabila dijalankan oleh remaja, karenanya menjadi salah satu penyalahan etika yang tak pantas dengan lingkungan.

Melaksanakan seks bebas tentunya akan membikin banyak bahaya mengitai, antara lain, tertular penyakit kelamin, HIV/AIDS, kehamilan yang tak direncananan, dan kanker servik.

4. Pengajaran Terhambat

Hati yang terjerumus pergaulan bebas akan berimbas pada pengajaran dan prestasi belajarnya. Mulai dari kemauan belajar yang turun, malas belajar, absen sekolah, sampai putus sekolah.

5. Renggangnya Relasi Dengan Keluarga

Imbas dari pergaulan bebas yaitu renggangnya kekerabatan dengan keluarga. Hati-buah hati lazimnya mmebutuhkan pengakuan, perhatian, dan keberadaan di tengah keluarga. Di sini jikalau buah hati terjebak pergaulan bebas, makai a akan menjadi pembangkang, tak menuruti orang tua, dan jadi buah hati yang berbeda. Dengan memberikan perhatian yang diharapkan, diinginkan buah hati tak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Itulah penjelasan singkat perihal pengertian, penyebab, dan pengaruh dari pergaulan bebas. Diinginkan orang tua cakap menjadi sosok yang mengawasi buah hati sehingga tak terjerumus pergaulan bebas.

Similar Posts