10 Macam Macam Tarian Daerah Asalnya Di indonesia

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yaitu pengetahuan semestinya untuk mengenali keanekaragaman tradisi Indonesia. Seni tari yaitu ekspresi jiwa dalam format gerak dengan iringan tertentu. Gerak dalam tari-tarian senantiasa mempunyai poin dan berbeda dengan gerak sehari-hari.

Jumlah jenis-jenis tari tempat di Indonesia hakekatnya tidak terhitung. Sekedar untuk pengetahuan dasar, lebih kurang ada tiga puluh jenis-jenis tari tempat dan asalnya yang bisa dipelajari. Variasi-jenis tari tempat ini komplit dari pulau Sumatera hingga Papua.

Dari tiap-tiap jenis-jenis tari tempat yang ada, pasti mempunyai ciri khas berbeda-beda semacam itu juga maknanya. Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia membongkar istilah seni tari yaitu salah satu format kesenian yang mempunyai media ungkap atau substansi gerak dan gerak yang terbongkar, ialah gerak manusia.

Variasi-Variasi Tarian Tempat dan Asalnya

1. Saman Berasal dari Aceh

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang pertama yaitu tarian Samaan dari Aceh. Tak cuma populer di dalam negeri, tari saman juga diketahui di mancanegara. Tak jarang, tarian yang umumnya dikerjakan orang banyak penari sekalian ini dipertunjukkan dalam event kebudayaan di luar negeri.

Malah UNESCO, organisasi kelimuan, pengajaran dan kebudayaan yang bernaung di bawah PBB, memasukkan tari saman dalam daftar warisan tradisi yang membutuhkan perlindungan mendesak dari Badan PBB Urusan Pengajaran, Sains dan Kebudayaan. Gerakan tari saman cukup susah dikerjakan sebab memerlukan kecepatan, kecermatan dan kekompakan. Untuk dapat menarikannya, suatu golongan penari saman dapat berlatih selama berminggu-pekan malahan berbulan bulan.

2. Tor Tor Berasal dari Tapanuli Utara

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang kedua yaitu tarian tor tor dari Tapanuli Utara. Tarian ini umumnya ditarikan oleh orang Batak dalam beraneka ritual penting seperti pesta pernikahan, pesta kematian, syukuran panen sampai upacara penyembuhan orang sakit.

Ketika menarikan tor-tor, orang Batak umumnya diiringi permainan alat musik mangondangi yang terdiri dari 9 buah gondang (gendang batak), terompet khas Batak dan suling. Gerakan tari tor tor tak kompleks dan relatif lebih gampang dipelajari sebab gerakannya monoton. Di era kini, penari tor tor umumnya memasukkan faktor-faktor tambahan dalam koreografi-nya.

3. Tari Piring Berasal dari Minangkabau

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang ketiga yaitu tari piring yang berasal dari Minangkabau. Tari piring yaitu simbolisasi dari pemberian persembahan terhadap sang pencipta atas keberhasilan panen. Tetapi, di masa kini tari piring telah dipertunjukkan secara bebas dalam beraneka perayaan.

Tari piring umumnya ditampilkan oleh 3 sampai 5 penari yang mengatur dua sampai tiga piring dalam tangannya dan gelang lonceng kecil yang diikat pada kaki penari. Tarian luwes dan menawan ini umumnya diiringi oleh alunan alat musik tradisional Minangkabau ialah bong dan saluang.

4. Turuk Langgai Berasal dari Mentawai

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang keempat yaitu tarian turuk langgai yang berasal dari Mentawai. Nama tarian ini memang kurang tenar diperbandingkan nama tarian tempat lainnya. Tetapi, seiring kian terkenalnya Kepulauan Mentawai sebagai salah satu surga tamasya dan tujuan tamasya air kelas internasional, tarian turuk langgai lambat laun mulai diketahui secara luas.

Turuk langgai yaitu tarian khas etnis Mentawai yang terinspirasi dari gerakan binatang seperti burung, ular, ayam sampai simpanse. Turuk langgai umumnya ditampilkan dengan iringan alat musik tradisional Mentawai ialah gendang kajeuma dan uliat.

5. Tari Ronggeng Blantek (Betawi)

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang kelima yaitu tari ronggeng blatek yang berasal dari Jakarta. Etnis Betawi juga mempunyai bermacam tarian tempat yang populer semenjak zaman kolonial Belanda. Salah satu tarian tempat yang tenar yaitu ronggeng blantek.

Tarian yang mempunyai tempo kencang dan gerakan enerjik ini mulanya ditampilkan sebagai pembuka teater rakyat Betawi, topeng blantek. Tarian yang ditarikan oleh penari perempuan ini umumnya dipertunjukkan dengan iringan alat musik populer Betawi seperti terompet, trombone, baritone, gendang, gong, simbal, dan tehyan.

6. Tari Cakalele Asalnya dari Maluku

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang keenam yaitu tari cakalele. Tarian ini tidak lain berasal dari tradisi dari masyarakat di tempat Maluku yang yaitu tarian perang. Lazimnya, tarian ini akan dikenalkan oleh pria dan wanita secara beriringan atau berpasangan.

Untuk musiknya, tarian cakalele diiringi oleh tifa yang yaitu sejenis drum, bia, dan suling. Sekarang, tarian cakalele hal yang demikian lazim diberi tahu untuk menyambut tetamu agung atau perayaan adat di waktu-waktu tertentu.

7. Tari Gantar Asalnya dari Kalimantan

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang ketujuh yaitu tari gantar. Tarian ini yaitu tari khas yang berasal dari Suku Dayak, Kalimantan untuk menyambut tetamu.

Dahulu, tarian ini lazim dikerjakan untuk memeriahkan suasana dikala masa panen padi sudah tiba. Karenanya dari itu, tarian ini memakai biji-bijian sampai bambu sebagai pendorongnya.

8. Tari Musryoh Asalnya dari Papua

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang kedelapan yaitu tarian musyroh yang tidak lain berasal dari tanah Papua. Dahulu, tarian ini difungsikan dikala dikerjakan pengerjaan pengusiran arwah kerabat yang meninggal dunia secara tidak wajar.

Tarian ini lazimnya dikerjakan oleh para pria penduduk setempat dengan melodi musik yang terkesan senang dan riang.

Sekarang tari musyoh banyak dipakai oleh masyarakat dalam menyambut tetamu yang datang, gerakannya yang lincah memperlihatkan kesan rasa senang akan datangnya tetamu.

9. Tari Barong Asalnya dari Batubulan, Bali

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang kesembilan yaitu tari Barong. Tidak cuma Tari Kecak, Pulau Bali juga punya macam tarian lainnya yang nggak keok menarik seperti Tari Barong. Tarian ini membuktikan pertarungan antara kebajikan dan kebatilan.

Format kebajikan dilakonkan oleh Barong, merupakan penari dengan kostum hewan berkaki empat, sementara bentuk kebatilan dimainkan oleh Rangda, merupakan sosok yang seram dengan dua taring runcing di mulutnya.

Panggung Tari Barong bisa kau saksikan di kawasan Batubulan. Gianyar. Pertunjukan tarian Barong Bali umumnya akan diawali pada pukul 09:30 pagi tiap-tiap harinya. Dengan tarif sekitar Rp 100.000 per orangnya.

10. Tari Ramayana Asalnya dari Yogyakarta

Variasi-jenis tarian tempat dan asalnya yang kesepuluh yaitu Ramayana. Sekiranya main ke Jogjakarta, nggak ada salahnya kau mencoba menyaksikan Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana sendiri yaitu sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, diangkat dari cerita Ramayana.

Titik paling epik untuk merasakan Sendratari Ramayana yaitu Candi Prambanan. Di situ kau dapat menyaksikan Sendratari Ramayana di ruang terbuka dengan latar belakang Candi Prambanan.

Jadwal Sendratari Ramayana umumnya akan di mulai pada bulan Mei sampai Oktober tiap-tiap tahunnya. Sementara untuk panggung di ruangan tertutup diadakan pada bulan Januari, Februari, Maret, April, November, dan Desember. Untuk tarif kau perlu mengeluarkan kocek mulai Rp 125.000 sampai Rp 400.000.

Similar Posts