Daftar 10 Kota Dengan Penduduk Terbanyak Di Indonesia

Kota berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yakni tempat pemukiman yang terdiri atas bangunan rumah yang yaitu kesatuan daerah tinggal dari bermacam-macam lapisan masyarakat. Kota juga yaitu tempat pemusatan penduduk dengan kepadatan tinggi serta fasilitas yang modern. Di Indonesia, sebutan kota juga diaplikasikan sebagai tempat atau unit administrasi negara yang berada di bawah provinsi dengan wali kota sebagai pemimpinnya.

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri RI dalam Tata Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2017 perihal Kode dan Data Kawasan Administrasi Pemerintahan, berikut yakni 10 kota terbesar di Indonesia menurut jumlah populasi penduduk.

Jakarta

Telah tak diragukan lagi bahwa DKI Jakarta yaitu kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Sebagai ibu kota negara, Jakarta memang menjadi sentra dari semua perkembangan bagus di bidang keuangan, pengajaran, serta hiburan. Oleh sebab itu, banyak orang yang berpindah ke kota metropolitan hal yang demikian.

Dengan menggabungkan jumlah penduduk dari lima kota administrasi yang ada di Provinsi DKI Jakarta, karenanya penduduk Kota Jakarta berjumlah 10.306.803 jiwa.

Surabaya

Posisi kedua ditempati oleh Surabaya. Kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini mempunyai populasi penduduk sebanyak 2.827.392 jiwa. Kota ini yaitu kota terbesar sekalian sentra pengajaran, keuangan, jasa dan perdagangan terbesar di Provinsi Jawa Timur.

Medan

Posisi ketiga diisi oleh Kota Medan, kota ini mempunyai jumlah penduduk sebesar 2.478.145 jiwa. Ibu kota Provinsi Sumatra Utara ini juga yaitu kota dengan penduduk paling banyak di Pulau Sumatra.

Kota Medan menjadi sentra ekonomi, keuangan dan perdagangan terbesar di luar Pulau Jawa. Bersama Jakarta dan Surabaya, Kota ini diketahui sebagai markas berdirinya gedung-gedung tinggi.

Bekasi

Di posisi keempat ada Kota Bekasi, kota ini mempunyai jumlah penduduk sebesar 2.409.083 jiwa, jumlah hal yang demikian menjadikannya sebagai kota dengan penduduk paling banyak di Provinsi Jawa Barat.

Kota Bekasi menjadi daerah beroperasinya sebagian perusahaan dan industri berskala besar. Kecuali itu bayaran minimum Kota Bekasi yang tinggi menjadi kekuatan tarik sendiri bagi masyarakat yang hendak berpindah.

Bandung

Siapa yang tak ketahui dengan Kota Bandung, kota yang dijuluki “Paris Van Java” ini menempati peringkat kelima sebagai kota dengan populasi penduduk terbesar di Indonesia.

Kota yang berstatus sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat ini mempunyai populasi sebesar 2.404.589 jiwa. Iklim usaha yang bagus ditambah suasana kota yang teduh dan nyaman menjadi kekuatan tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menetap di Kota Bandung.

Depok

Kota Depok lebih diketahui sebagai kota penopang Jakarta, kota ini menjadi komponen dari zona metropolitan terbesar di Indonesia (Jabodetabek).

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri RI terkini, pada 2017 Kota Depok mempunyai jumlah penduduk sebesar 1.809.120 juta jiwa dan menempati peringkat keenam sebagai kota dengan populasi penduduk terbanyak di Indonesia.

Makassar

Posisi ketujuh diisi oleh Kota Makassar, kota yang kaya akan sejarah ini diketahui sebagai sentra pengajaran, keuangan dan perdagangan terbesar di kawasan Indonesia Timur.

Kota yang berstatus sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi selatan ini mempunyai populasi penduduk sebesar 1.663.479 jiwa, menjadikannya sebagai kota dengan populasi terbesar di Pulau Sulawesi.

Semarang

Berstatus sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah, Semarang mempunyai populasi penduduk sebanyak 1.653.039 jiwa. Kecuali sebagai sentra pemerintahan, Semarang juga diketahui sebagai sentra Pengajaran, industri, jasa dan perdagangan terbesar di Provinsi Jawa Tengah.

Tangerang

Kota yang menjadi komponen dari kawasan Metropolitan Jabodetabek ini mempunyai populasi sebesar 1.651.428 jiwa. Tangerang yaitu markas dari perusahaan dan pabrik berskala besar, karenanya tidak heran bayaran minimum kota ini yaitu salah satu yang terbesar di Indonesia.

Palembang

Posisi terakhir diisi oleh Palembang. Kota yang tenar dengan Jembatan Amperanya ini mempunyai populasi penduduk sebanyak 1.569.297 jiwa. Catatan hal yang demikian mewujudkan Palembang sebagai kota dengan populasi penduduk terbesar kedua di Pulau Sumatra sesudah Medan.

Similar Posts