Tips Tips Agar Tidak Malas Salat

Allah SWT menciptakan manusia untuk taat dan beribadah kepada-Nya. Bahkan, jin pun diciptakan juga untuk taat kepada-Nya.
Allah SWT berfirman dalam QS. Az-Zariyat ayat 56 yang artinya:

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Tetapi, sebagai manusia sepertinya selalu saja untuk malas melakukan sesuatu, termasuk menjalankan ibadah salat. Penyakit malas yang sangat merugikan ini tentu harus dibuang jauh-jauh.
1. Selalu mengingat akhirat
Percayalah, hidup di dunia ini hanya sementara, tidak ada yang kekal selain Allah SWT. Kalian boleh saja bersenang-senang hidup di dunia, tapi kalian juga mesti ingat bahwa semua yang diperbuat selama di dunia akan dipertanggungjawabkan sebagai amal perbuatan yang akan mengantarmu ke surga atau neraka.
Jadi, cara yang tepat agar di akhirat kelak mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya, jangan pernah lupakan salat wajib dan amalan-amalan baiknya, ya.
2. Perbanyak beristighfar
Rasa malas bisa datang kapan saja, makanya jika kalian sering mengucapkan istighfar bisa menghilangkan rasa malas tersebut.
3. Menjauhi hal negatif
Agar tidak malas untuk beribadah, coba hindari hal-hal yang bernilai negatif atau tidak baik untuk diri sendiri. Perbanyaklah untuk melakukan hal-hal positif yang bisa membuat kalian semangat beribadah.
4. Berteman dengan ahli ibadah
Hal berikutnya yang bisa mengurangi rasa malam beribadah yaitu mendekatkan atau bergaul dengan orang-orang yang ahli ibadah. Jelas, hal ini membantu kalian untuk meningkatkan amal ibadah.
Semakin banyak teman yang memiliki sifat rajin beribadah, makan akan mudah pula bagi kita mengikuti kebiasaan tersebut.
5. Memahami konsep waktu
Kenapa sih kita tidak boleh menunda ibadah apalagi karna malas? Karena tidak ada yang bisa menjamin hal paling misteri di muka bumi, yakni waktu.
“Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah waktu sehatmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu.” (HR. Imam Bukhari)
Makanya, kita perlu memahami konsep waktu dengan baik, karena tidak ada yang tahu kapan ajal akan menjemput.
Kelima tips di atas bisa kalian terapkan untuk memperbanyak ibadah sebagai bekal pahal di akhirat kelak.

Similar Posts