Survei Calon Presiden Indonesia 2024 Paling Teratas

Hasil survei Indikator Politik menonjolkan, Prabowo Subianto menjadi calon presiden terunggul untuk maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. Menteri Pertahanan hal yang demikian sanggup meraih dukungan 23,7% responden dari simulasi 30 nama semi terbuka.

 

Elektabilitas Prabowo unggul dalam beragam simulasi. Prabowo cuma keok dari Joko Widodo (Jokowi) dalam simulasi top of mind. Elektabilitas Prabowo dalam simulasi top of mind tercatat sebesar 14%, berada di peringkat kedua, persis di bawah Jokowi yang mempunyai elektabilitas 19,6%.

 

Tapi, pada simulasi 30 nama calon presiden, Jokowi dikeluarkan dalam daftar sebab mengacu peraturan masa jabatan presiden. Kemudian, pada simulasi 10 nama dan 8 nama, Prabowo masih unggul dengan perolehan dukungan masing-masing sebesar 26,9% dan 27,6%.

 

Menyusul di posisi kedua sebagai capres unggulan ada Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu mempunyai elektabilitas sebesar 20,9% pada simulasi 30 nama. Kemudian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati urutan ketiga capres favorit dengan elektabilitas sebesar 15,1%.

 

Posisi keempat ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mempunyai elektabilitas sebesar 5,1%. Dicontoh oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas sebesar 4,5%.

 

Lalu, Ketua Lazim Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memiliki elektabilitas sebagai capres sebesar 3,3%. Berikutnya timbul nama Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi dengan elektabilitas sebesar 2%. Adapun tokoh lainnya mempunyai elektabilitas dibawah 2%.

 

Survei Indikator politik melibatkan 2.020 responden dari 34 provinsi di Indonesia. Responden yang dipilih yaitu mereka yang berusia minimal 17 tahun atau telah menikah. Survei dilaksanakan pada 2- 6 November 2021 dengan wawancara segera dan penentuan sample memakai cara multistage random sampling dengan margin of error 2,9% serta tingkat kepercayaan 95%.

Similar Posts