10 Jenis Masker Paling Aman Dipakai Saat Pandemi Covid 19

4 minutes, 30 seconds Read

Sebagian ragam virus seperti COVID-19 atau virus corona yang sedang merebak, disebarkan melewati cairan droplet dari batuk atau bersin.

Cairan ini bisa melekat di permukaan obyek atau mendarat di tubuh orang sampai akibatnya menular. Ada juga virus seperti tuberkulosis dan influenza yang bisa tersebar melewati udara (airborne).

Pemakaian masker anti virus ketika batuk dan bersin sungguh-sungguh penting supaya cairan mengandung bakteri tak jatuh ke benda di sekitarnya dan dikuasai oleh orang lain. Kecuali itu, masker bisa melindungi kau dari percikan air penderita penyakit hal yang demikian atau udara dekil yang berpotensi membawa kuman.

Menerapkan masker sehari-hari bisa juga mencegah pengguna yang acap kali mengontrol komponen wajah seperti mulut dan hidung. Elemen ini bisa mengurangi risiko penyebaran pelbagai bakteri dan kuman membahayakan.

Dengan banyaknya ragam masker anti virus di pasaran, susah untuk memilih mana yang ideal untuk kau. Yuk, simak di bawah ini untuk memahami perbedaan ragam masker kesehatan untuk mencegah penyebaran virus penyakit!

1. Masker Bedah 3 Ply

Masker bedah atau surgical mask merupakan ragam masker medis yang acap kali diterapkan oleh petugas medis.

Variasi masker ini umumnya diaplikasikan ketika perawatan atau sesi operasi untuk mencegah penyebaran kuman melewati percikan air liur atau lendir.

Masker bedah lazimnya mempunyai tiga lapisan yang bersifat anti air dan berfungsi memfilter bakteri.

Masker ini pantas dan gampang untuk diaplikasikan setiap hari, melainkan direkomendasikan untuk diganti sesudah sekali gunakan atau dikala telah lembab. Masker bedah bisa dibeli dalam set untuk harga lebih murah.

Harga: Rp50.000

2. Masker N95

Variasi Masker kesehatan N95 yakni macam masker pernafasan. Harga masker N95 umumnya lebih mahal ketimbang masker bedah sebab kualitasnya yang lebih superior.

Seperti namanya, masker ini bisa menyaring 95% bakteri dengan pengaplikasian yang ideal. Kecuali itu, masker anti virus ini bisa mencegah partikel PM 2.5 (berukuran 2.5 mikrometer).

Ukuran partikel hal yang demikian acap kali terdapat di udara dan menyebabkan deposit plak pada hidung, paru-paru, dan malahan pembuluh darah arteri. Sisi tepi masker N95 lebih rapat, sehingga partikel dan kuman tak gampang masuk ataupun keluar.

Melainkan, sebab kerapatannya, masker N95 tak pantas untuk diaplikasikan sehari-hari, lebih-lebih pada si kecil-si kecil, sebab sifatnya yang susah untuk bernafas ketika diterapkan.

Jangka Harga: Rp 30.000 – Rp 135.000

3. Masker N99

Masker N99 mempunyai ciri khas yang mirip dengan N95, melainkan bisa menyaring 99% dari partikel PM 2.5 yang membahayakan. Artinya, masker N99 lebih superior melindungi kau dari penyebaran kuman dan virus seperti COVID-19.

Supaya lebih gampang bernafas, pilih masker N99 yang mempunyai dua buah katup (double-valve) untuk peredaran udara yang lebih bagus.

Masker N99 yakni ragam masker medis yang acap kali diaplikasikan di rumah sakit untuk pencegahan penyakit tuberkulosis dan virus flu lainnya.

Mirip dengan masker N lainnya, masker N99 umumnya berbahan kertas atau serat sehingga direkomendasikan untuk menggantinya tiap hari.

Jangka Harga: Rp 50.000 – Rp 32.000

4. Masker N100

Masker N100 lebih ampuh dari masker N lainnya sebab bisa memfilter sekitar 99.97% dari partikel PM 2.5.

Itu merupakan partikel padat dan non-minyak yang tak bisa nampak oleh mata atau 30 kali lebih kecil dari diameter rambut kau! Variasi masker kesehatan ini bisa melindungi kau dari virus dan flu membahayakan.

Variasi masker medis N ini bersifat “not resistant to oil” yang berarti cuma melindungi kau dari macam partikel non-minyak.

Figur biasa partikel ini merupakan debu yang terkait dengan hal seperti serbuk sari, bijih besi, kayu, dan lainnya. Variasi partikel hal yang demikian acap kali ditemukan di udara perkotaan.

Jangka Harga: Rp 250.000 – Rp 350.000

5. Masker R95

Tahukah kau, huruf R pada ragam masker kesehatan ini berarti “somewhat resistant to oil.”

Artinya, macam masker anti virus ini bisa menjaga pernafasan kau dari partikel minyak dan non-minyak sekalian dengan tingkat ketahanan menengah.

Dengan pengaplikasian yang benar, masker R95 bisa menangkal 95% dari partikel membahayakan hal yang demikian.

Jangka Harga: Mulai dari Rp 56.900

6. Masker R99

Polutan berbasis minyak umumnya jarang ditemukan di lingkungan sehari-hari melainkan polutan ini bisa mengganggu pernafasan, lebih-lebih bagi yang telah mempunyai gangguan metode pernafasan.

Sebab alasan ini, sesungguhnya lebih bagus mengaplikasikan masker R ketimbang N untuk proteksi dari pelbagai ragam polutan. Masker R99 ini bersifat anti virus dan bisa melindungi kau dari 99% partikel hal yang demikian.

7. Masker R100

Bagi kau yang mau perlindungan respirasi yang lebih mantap, kau dapat memilih ragam masker medis R100 untuk menghalau hampir 100% partikel membahayakan di udara.

Seperti masker anti virus lainnya, masker R100 mempunyai permukaan anti-mikroba, melainkan pernafasan kita yang hangat bisa menyusun sarang bakteri pada permukaan masker hal yang demikian.

Oleh sebab itu, sebaiknya mengganti masker ini sesudah 8 jam penggunaan padahal tak nampak dekil.

8. Masker P95

Variasi masker P mempunyai arti “strongly resistant to oil.”

Seperti, macam masker medis R, masker P bisa menawarkan perlindungan dari partikel padat dan cair berbasis minyak dan non-minyak, melainkan dengan tingkat keefektifan yang lebih tinggi.

Sama dengan masker sebelumnya, angka pada masker P95 menampakkan kesanggupannya dalam menyaring 95% partikel di udara.

Jangka Harga: Rp 650.000 – Rp 1.600.000

9. Masker P99

Variasi masker anti virus P lebih mahal diperbandingkan masker lainnya sebab paling ampuh menghalau berbagai tipe partikel.

Keunggulan lain masker P merupakan batas pengaplikasian yang lebih lama yakni 40 jam sebelum semestinya diganti. Untuk masker P99, partikel membahayakan bisa disaring sebanyak 99%.

10. Masker P100

Huruf dan angka pada ragam masker anti virus ini membikin masker P100 sebagai macam paling unggul diantara masker kesehatan lainnya.

Bila diaplikasikan dengan benar dalam batas waktu yang direkomendasikan, masker P100 dapat melindungi kau dari 99.97% pelbagai ragam partikel di udara dengan intensitas paling tinggi.

Sebagian masker P100 disertai dengan saringan yang bisa diganti. Direkomendasikan untuk mengganti saringan hal yang demikian sesudah 40 jam sempurna pengaplikasian atau sesudah dibuka 30 hari, mana saja yang tiba lebih-lebih dulu.

Jangka Harga: Rp 265.000- Rp 500.000

Similar Posts