Daftar Pekerjaaan Di Indonesia Yang Termasuk PNS

0 minutes, 59 seconds Read

Profesi apa saja yang termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dalam tulisan ini. Seperi dikenal PNS terbagi menjadi dua klasifikasi, adalah PNS sentra dan PNS tempat.

PNS sentra umumnya berprofesi pada tempat pemerintahan sentra. Meski PNS tempat berprofesi di tingkat tempat otonom seperti pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota.

Dikutip dari bermacam sumber, Senin (01/3/2022), berikut sebagian profesi yang termasuk PNS.

1. Dokter

Seorang dokter dapat menjadi PNS. Dokter PNS biasanya berprofesi untuk Kementerian Kesehatan, Kemenristekdikti, Pemerintah kota/provinsi, pun dapat juga di Kejaksaan dan Kementerian Agama.

2. Perawat

Perawat juga menjadi pekerjaan yang termasuk PNS. Di mana ada dua variasi perawat, adalah perawat yang adalah jebolan D3 Keperawatan serta perawat pekerjaan yang setidaknya semestinya telah lulus S1 Keperawatan.

3. Dosen

Dosen termasuk PNS. Meskipun demikian, ada juga dosen yang tak berstatus sebagai PNS, namun dosen swasta.

Prasyarat menjadi dosen sendiri setidaknya semestinya telah mengambil S2 supaya dapat masuk ke kategori IIIb.

4. Guru

Guru yang berstatus sebagai PNS dijamin oleh negara. Guru PNS akan menerima tunjangan berupa Tunjangan Daya Tempat (TKD). Gaji dan tunjangan hal yang demikian bertumpu pada kategori dan masa kerjanya.

5. Camat

Camat profesi yang termasuk PNS. Di sejumlah tempat, untuk menjadi seorang camat setidaknya semestinya berasal dari kategori IIId.

Similar Posts