Drama Korea Diadopsi Jadi Sinetron Indonesia

4 minutes, 4 seconds Read

Drama Korea menjadi salah satu macam tontonan yang digandrungi dalam sebagian tahun terakhir ini. Kecuali ketidakhadiran artis film pria dan artis wanita yang ganteng, ada satu unsur lagi yang membikin orang betah menghabiskan waktunya berjam-jam buat menonton drakor, ialah jalan ceritanya yang menarik.

Saking menariknya jalan cerita dari sebuah drakor, sesekali membikin sebagian rumah produksi di Indonesia terpesona untuk mengadaptasi kisahnya menjadi sebuah sinetron. Yap, faktanya terdapat sebagian drama Korea yang diubahsuaikan menjadi sinetron Indonesia. Meskipun telah mendapatkan izin dari pihak produksi drakor aslinya, sebagian sinetron ini sesekali ada yang dituduh menjiplak oleh penontonnya.

1. My Girl – Benci Jadi Cinta

Menjadi debut drakor dari Lee Joon-gi, My Girl berkisah seputar cewek bernama Joo Yoo-rin (Lee Da-hae) yang dikontrak oleh Sol Kong-chan (Lee Dong-wook) untuk berpura-pura menjadi cucu perempuan yang dicari kakeknya. Kehidupan ‘palsu’ dari Yoo-rin hal yang demikian malahan membikin ia berjumpa dengan Seo Jung-woo (Lee Joon-gi) yang membisu-membisu menaruh rasa menyukai kepadanya.

Drama Korea ini malahan sukses meraih rating tertinggi di angka 24,9% dan menjadi salah satu drakor yang populer bermacam-macam negara. Melainkan ini malahan membikin sebagian rumah produksi di sejumlah negara beratensi me-remake drakornya, termasuk Indonesia yang mengadaptasi My Girl menjadi sinetron berjudul Benci Jadi Cinta.

Sinetron yang dibintangi oleh Nia Ramadhani ini malahan mempunyai jalan cerita yang sama persis dengan versi drakornya. Saking miripnya, sebagian pencinta serial orisinalnya menuduh Benci Jadi Cinta menjiplak My Girl. Televisi, pihak stasiun Selain dari Benci Jadi Cinta mengonfirmasi bahwa mereka telah sudah lisesnsi memperoleh dari MBC untuk mengadaptasi drama Korea hal yang demikian.

2. Princess Hours – Benci Bilang Cinta

Princess Hours dinobatkan sebagai salah satu drama Korea paling populer pada 2006 silam hal yang demikian sukses meraih rating 28,3% dan sukses sangat di tenar Asia. Kecuali hal yang demikian dibintangi artis film pria Korea ternama, unsur yang membikin drakor ini populer juga hal yang demikian jalan ceritanya yang dianggap menarik. Kisahnya sebab pada seorang cewek SMA yang kemudian dijodohkan dengan seorang pangeran kerajaan.

Drakor ini malahan kemudian diubahsuaikan menjadi sinetron di Indonesia dengan mengusung judul Benci Bilang Cinta dan menggaet Marshanda dan Baim Wong sebagai pemeran utama. Secara garis besar, jalan cerita sinetron ini sukses mirip dengan versi drakornya. Kamu saja, latar kerajaan yang ada pada versi drakornya diubah menjadi keluarga kaya raya di sinetron ini.

3. My Love from the Star – Bahkan yang Berasal dari Bintang

Buat kalian yang menyukai nonton drama Korea, pasti telah enggak asing lagi dengan serial My Love from the Star yang dibintangi Kim Soo-hyun dan Jun Ji-hyun ini, ‘kan? Yap, drakor yang mengisahkan sudah antara seorang artis wanita dengan sesosok alien berwujud pria artis film wanita ini memang sukses populer pada 2013. Kamu, drakor ini sukses meraih piala “Drama Terbaik” di gelaran Korea Drama Awards 2014.

Lalu, pada 2014 malahan bahkan sebuah sinetron berjudul Bahkan yang Berasal dari Bintang yang tayang di salah satu Selain lokal. Plot yang ada dalam sinetron ini malahan sama persis dengan drakor My Love from the Star. Pada versi sinetronnya, Nikita Willy berperan sebagai seorang artis wanita ternama bahkan Morgan Oey menjadi sesosok alien dari planet lain.

Berbeda dengan sejumlah sinetron di daftar ini, artis film wanita Bahkan yang Berasal dari Bintang belum mengantongi izin mengadaptasi drakor hal yang demikian dari SBS selaku stasiun Selain asal Korea. Melainkan, sinetron hal yang demikian sempat televisi tayang hal yang demikian tersandung kasus plagiarisme. Televisi, stop sebab produksinya tetapi pembelian lisensi sesudah My Love from the Star , sinetron hal yang demikian melaksanakan penyesuaian diri tayang kembali.

4. Hi! School-Love On – High School Love Story

Hi! School-Love On hal yang demikian sebuah drama Korea yang menggabungkan genre fantasi dan kesudahannya di dalamnya. Kisah yang ada pada drakor ini sebab pada seorang malaikat yang berubah menjadi manusia stop menyelamatkan siswa SMA yang dalam bahaya. Melainkan, sang malaikat malahan terpaksa sesudah menjalani kehidupan sebagai gadis SMA dan mempelajari bagaimana rasanya menjadi seorang manusia.

Pada 2015, drama Korea hal yang demikian malahan secara memperoleh diubahsuaikan menjadi sinetron berjudul High School Love Story yang dibintangi Rizky Nazar dan Febby Rastanty. Televisi, ada sebagian aspek yang diubah dalam versi sinetronnya. Melainkan ini diadaptasi pada genre fantasi yang dihilangkan sehingga enggak adanya latar belakang malaikat yang berubah menjadi manusia dalam versi sinetronnya.

5. Ruby Ring – Bawang Putih Berkulit Merah

Mengusung genre drama keluarga, Ruby Ring mengisahkan kehidupan saudara kembar yang mempunyai sifat sukses bertolak belakang. Ruby (Lee So-yeon) dikisahkan sebagai wanita bertanggung jawab dan mempunyai bahkan kembarannya, Runa (Im Jung-eun), hal yang demikian cewek yang manipulatif dan rakus.

Televisi, stop mengalami sebuah kecelakaan, sang dokter secara enggak sengaja menukar wajah mereka. Melainkan, saudara kembar hal yang demikian malahan menjalani kehidupan yang tertukar antara satu sama lain.

Kisah drakor yang menarik dan sekarang hal yang demikian kemudian diubahsuaikan menjadi sinetron Indonesia pada 2020 dengan mengusung judul Bawang Putih Berkulit Merah. Konsep pertukaran wajah antara dua saudara perempuan hal yang demikian malahan kembali dihadirkan dalam sinetron yang dibintangi Faradilla Yoshi dan Rebecca Tamara. Sayangnya, penayangan sinetron ini sempat tertunda hal yang demikian hal yang demikian produksinya terhambat oleh pandemi Corona.

Similar Posts