Dampak Internet Ukraina Terganggu Banyak Peretas Sasar Akun Surel Pribadi

1 minute, 14 seconds Read

Konektivitas dunia maya di Ukraina, terutama di kawasan yang menjadi daerah pertempuran sengit dengan pasukan Rusia, mengalami gangguan, kata sejumlah pemantau, Sabtu.

Pasukan Rusia merebut kota Melitopol di tenggara Ukraina pada Sabtu, kantor info Rusia Interfax melaporkan, saat Moskow melancarkan serangan rudal penjelajah dan artileri ke sejumlah kota, termasuk ibu kota Kiev.

Konektivitas ke GigaTrans, penyedia dunia maya utama Ukraina, anjlok menjadi kurang 20 persen dari tingkatan normal, sebelum kembali meningkat pada Jumat dini hari, berdasarkan organisasi pemantau dunia maya NetBlocks.

“Ketika ini kami memandang konektivitas nasional menempuh 87 persen dari tingkatan umumnya, angka yang mencerminkan adanya gangguan layanan, juga (imbas) kepergian penduduk serta penutupan rumah dan bisnis semenjak pagi pada 24 (Februari),” kata Alp Toker, direktur NetBlocks.

“Meskipun tak ada pemadaman listrik skala nasional, cuma sedikit yang dikenal dari tempat-tempat paling terdampak, dan bagi beberapa lainnya ada kekhawatiran konektivitas bisa memburuk sewaktu-waktu, memutus (komunikasi) dengan keluarga dan teman,” kata Toker.

Monash IP Observatory di Australia mengatakan sejauh ini cuma distrik Obolonskyi di Kiev dan komponen tengah Kharkiv, di timur Ukraina, yang menampilkan pertanda kegagalan dunia maya.

Anomali lainnya kemungkinan cuma sebab orang-orang jauh dari komputer mereka, umpamanya meninggalkan kota, kata Simon Angus, profesor ekonomi yang menjabat direktur institusi pengamatan itu.

Sementara itu, pejabat Ukraina merilis isu baru seputar dugaan operasi spionase siber Belarus yang disebut menyasar akun-akun e-mail pribadi milik pasukan Kiev.

Di sebuah uploadan Facebook, Regu Tanggap Darurat Komputer Ukraina mengatakan para peretas tak cuma menyasar orang-orang Ukraina tetapi juga warga Polandia, Rusia, dan Belarus, termasuk sejumlah organisasi media Belarus.

Similar Posts