Daftar Daerah Penghasil Kopi Terbaik Di Indonesia

4 minutes, 23 seconds Read

Tempat Penghasil Kopi di Indonesia – Bagi banyak orang, kopi yakni salah satu minuman yang sepatutnya dikonsumsi. Kopi ternyata bisa meningkatkan fokus dan membikin lebih gigih dikala berprofesi. Melainkan tahukah kau, tanaman kopi tak dapat tumbuh di sembarang daerah?

Pertumbuhan tanaman kopi sungguh-sungguh diberi pengaruh oleh lingkungan sekitarnya seperti iklim, ketinggian tempat, curah hujan, serta situasi angin. Oleh karena itu, tanaman kopi sungguh-sungguh sesuai tumbuh di negara tropis seperti Indonesia.

Mulanya, biji kopi dibawa oleh Belanda ke Indonesia, tepatnya di Kedawung, dan rupanya tanaman kopi Indonesia sungguh-sungguh diminati di Eropa. Alhasil, biji kopi dikirim ke tempat lain di Indonesia supaya dapat diberdayakan.

Seandainya kau penasaran apa saja tempat penghasil kopi terbaik di Indonesia, simak daftarnya di bawah ini ya!

Tempat Penghasil Kopi di Indonesia

1. Aceh

Aceh Gayo

Kau pasti telah tak asing lagi dengan kota istimewa yang satu ini. Kopi khas Aceh telah mendunia dan kebiasaan minum kopi memang sungguh-sungguh kuat di sini. Kopi yang familiar yakni kopi Gayo yang berasal dari tempat Gayo. Kopi ini termasuk ke dalam variasi kopi arabika yang mempunyai rasa asam, body atau kekentalan ringan, serta profil wangi-wangian yang unik. Tidak heran, kopi Gayo pernah dinobatkan sebagai kopi arabika no.1 di dunia.

2. Lampung

Robusta Lampung

Kecuali Aceh, Lampung tepatnya di Lampung Barat juga yaitu salah satu tempat penghasil kopi terbaik di Indonesia. Biji kopinya tumbuh di ketinggian 800 mdpl. Ragam kopi yang populer yakni robusta, dengan bubuk kopi yang halus dan wangi-wangian yang khas. Biji kopinya diolah dengan sistem dry processing sehingga karakteristiknya sungguh-sungguh kuat. Kopi ini mempunyai wangi-wangian cokelat dan rempah-rempah. Sesudah minum, akan terasa aftertaste yang seperti kacang-kacangan, sedikit manis seperti karamel, dan agak pahit seperti kakao.

3. Bengkulu

Arabica Bengkulu

Setahun sebelum pandemi, Bengkulu yakni penghasil kopi paling banyak. Malahan telah mendonasi komoditas ekspor 70%. Bengkulu mempunyai perkebunan kopi sungguh-sungguh luas yakni sekitar 95 hektar dan didominasi oleh kebun kopi robusta dan sisanya yakni arabika.

4. Mandailing

Mandailing Natal

Masih dari pulau Sumatera, salah satu tempat penghasil kopi terbaik di Indonesia yakni Mandailing. Perkebunan kopi di Mandailing telah ada semenjak zaman penjajahan Belanda dan masih ada sampai dikala ini. Berbeda dengan kopi Gayo yang mempunyai rasa cenderung asam, kopi Mandailing mempunyai rasa manis yang khas dengan tingkat keasaman rendah. Bebauannya malahan unik, seperti wangi buah dan floral. Oleh karena itu, kopi Mandailing lazim dipakai untuk house blend di kedai kopi.

5. Sidikalang

Kopi Sidikalang

Satu lagi tempat penghasil kopi terbaik di Indonesia yang berada di Pulau Sumatera yakni Sidikalang. Berada di wilayah Bukit Barisan dengan udara yang teduh dan tanah yang subur, tempat ini menciptakan biji kopi robusta terbaik. Pada biasanya, sistem pengolahannya secara kering. Rasanya mirip cokelat dengan sedikit rasa manis dan tingkat keasaman rendah sehingga cukup aman kalau adakalanya dikonsumsi oleh kau yang mempunyai problem lambung. Kecuali itu, kopi Sidikalang juga diketahui mempunyai long aftertaste yang artinya rasa kopi akan bertahan cukup lama di mulut. Sayangnya, dikala ini petani kopi di Sidikalang telah mulai beralih menanam biji kopi arabika dibandingi dengan robusta sebab permintaan biji kopi arabika yang tinggi di kalangan masyarakat.

6. Toraja

Perkebunan Kopi Tana Toraja

Bicara soal tempat penghasil kopi terbaik di Indonesia, tentu kita tidak dapat melewatkan Toraja. Biji kopi yang berasal dari dataran tinggi sekitar 1400 mdpl di Sulawesi Selatan ini mempunyai rasa seperti buah-buahan. Kecuali itu, yang menjadi ciri kopi ini yakni terdapat sensasi pahit di ujung lidah dikala disesap, tak terlalu asam, body yang berat, dan wangi-wangian yang earthy. Karakter kopi ini dapat dibilang menyerupai rempah-rempah. Padahal demikian itu, aftertaste nya lembut dan halus.

7. Flores

Kopi Flores

Berbeda dengan tempat penghasil kopi terbaik di Indonesia lainnya, Flores berada di antara dua iklim yakni iklim tropis Indonesia dan subtropis Australia. Biji kopi Flores tumbuh di Kabupaten Ngada yakni tempat pegunungan dengan tanah vulkanis. Ada dua variasi kopi yang familiar dari Flores yakni Bajawa dan Manggarai.

Kopi Bajawa yakni kopi arabika dengan tingkat keasaman sepadan, cukup manis seperti karamel, cokelat. hazelnut, body sedang sampai berat, dan bebauannya seperti bunga. Sementara kopi Manggarai arabika mempunyai citarasa fruity dan seperti kacang-kacangan yang pahit. Biji kopi dari Flores telah sungguh-sungguh mendunia dan diketahui mempunyai mutu bagus sebab pelaksanaan panennya selektif. Pada dikala pemetikan, petani seketika menyortirnya pantas situasi biji kopi apakah kering, separo kering, dan kering muda.

8. Kintamani

Kopi Kintamani

Bali tidak cuma diketahui dengan daerah wisatanya, melainkan juga kopi Kintamani yang biji kopinya berasal dari lereng Gunung Batur. Tanahnya subur karena berasal dari tanah vulkanis gunung berapi. Perkebunan kopi ini berada dekat dengan pohon buah-buahan sehingga rasanya malahan unik, asam dan segar.

9. Wamena

Wamena, Papua yaitu salah satu tempat penghasil biji kopi di Indonesia yang terbaik. Biji kopi ditanam secara organik di ketinggian sekitar 1.200 m. Citarasa kopi ini yakni ringan, teksturnya halus tanpa ampas. Mempunyai citarasa ringan dan halus, sedikit manis, body medium, dan wangi-wangian yang khas. Kopi Papua Wamena mempunyai aftertaste yang terasa smokey. Keunikan kopi Papua Wamena merupakan mempunyai wangi-wangian harum dengan sensasi floral yang konon diberi pengaruh dengan situasi penanaman yang bersih dan tak menerapkan bahan kimia atau pestisida.

10. Ijen

Seandainya selama ini biji kopi tempat penghasil kopi terbaik di Indonesia kebanyakan berasal dari Indonesia timur, kali ini kita akan membahas biji kopi yang berasal dari pulau Jawa. Pantas dengan namanya, kopi ini berasal dari lereng Gunung Ijen-Raung yang berada di Bondowoso. Keunikan dari kopi Ijen Raung yakni rasa pedas atau spicy dan kau bisa menghirup wangi-wangian jahe dikala meminum kopinya.

Similar Posts