10 Tempat Wisata Dekat Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok

7 minutes, 3 seconds Read

Mandalika sekarang menjadi daerah yang ramai diperbincangkan. Bagi pecinta MotoGP pasti telah betul-betul update bahwa kawasan ini dihasilkan Sirkuit MotoGP 2022. Mandalika berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), ketika ini menjadi lokasi balap sepeda motor skala internasional.

Presiden Joko Widodo sudah mengesahkan Sirkuit Mandalika ini pada 12 November 2021. Letaknya yang berada di kawasan pesisir dan dekat dengan tamasya pantai, menghasilkan Sirkuit Mandalika disebut sebagai sirkuit dengan estetika alam terbaik. Sehingga tidak jarang dikasih istilah #HolidayRace bagi para pembalap.

Selagi menunggu persiapan tanding balap MotoGP, kau juga dapat merasakan estetika Mandalika melewati daerah-daerah tamasya yang dekat dengan zona sirkuit.

Daerah Tamasya di Mandalika dengan Estetika Alamnya

Bagi kau yang berharap berwisata ke tempat Lombok, tak ada salahnya menghasilkan kawasan Mandalika sebagai destinasi tamasya. Sebab tenar sebagai surga dunia dengan estetika alam super menakjubkan. Pasalnya, hampir segala pantai-pantai di sini masih terjaga kebersihannya dengan hamparan laut biru dan pasir putih.

Kau juga dapat mengunjungi daerah tamasya Mandalika lainnya, seperti perbukitan dengan pemandangan alam yang cantik, air terjun, sampai desa adat Mandalika yang menawarkan karya lokal khas Mandalika yang sayang jikalau dilewatkan. Berikut ini daerah tamasya Mandalika yang dapat kau kunjungi dengan estetika alamnya yang menakjubkan:

1. Pantai Kuta Mandalika

Tak cuma di Bali saja, Mandalika yang berada di kawasan Lombok Barat juga punya Pantai Kuta versinya sendiri. Daerah tamasya Mandalika yang patut kau kunjungi yaitu Pantai Kuta Mandalika. Letaknya berlokasi di Desa Kuta, Pujur, Lombok Tengah. Pantai ini bisa dicapai lebih kurang 16 menit dari Sirkuit Mandalika mengaplikasikan transportasi kendaraan beroda empat atau motor.

Pantai Kuta Mandalika tenar mempunyai laut biru yang luas dengan hamparan pasir putih yang cantik. Pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang menambah logat pada pantai. Nah, jikalau berkunjung kesini kau bisa merasakan beraneka wahana air, seperti windsurfing, banana boat, dan paralayang.

Tarif masuknya bahkan relatif murah, merupakan cuma perlu membayar tarif parkir mulai dari Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk kendaraan beroda empat.

2. Bukit Merese

Daerah tamasya Mandalika kedua yang patut kau kunjungi yaitu Bukit Merese. Destinasi tamasya ini berlokasi di Jalan Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Daerah ini cukup dekat dengan lokasi Sirkuit Mandalika, merupakan cuma perlu berkendara selama lebih kurang sembilan menit untuk hingga ke Bukit Merese.

Bukit Merese memberi tahu pemandangan cantik yang pasti akan membikin segala orang takjub mengamati estetika alamnya. Daerah tamasya Mandalika ini paling unggulan dihasilkan daerah untuk menyaksikan panorama sang surya terbenam (sunset) yang bisa dirasakan dengan panorama laut yang cantik di atas bukit hijau Merese.

Pada destinasi tamasya ini juga tak ada tarif karcis masuk. Kau cuma perlu membayar tarif parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk kendaraan beroda empat.

3. Pantai Tanjung Aan

Jikalau kau berkunjung ke Bukit Merese dan mengamati hamparan laut pantai dari atas, ini ia pantainya, merupakan Pantai Tanjung Aan. Daerah tamasya Mandalika yang satu ini disebut sebagai salah satu pantai terindah di Lombok. Tidak jauh dari sirkuit Mandalika, kau bisa menjalankan perjalanan mengaplikasikan kendaraan beroda empat sekitar tujuh menit untuk hingga ke pantai ini.

Pantai Tanjung Aan terletak di Sengkol, Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Mempunyai hamparan laut biru yang bening dengan pasir putih yang bersih. Jikalau berkunjung ke daerah tamasya Mandalika yang satu ini, kau bisa menjalankan snorkeling, berenang, juga berburu masakan laut yang lezat di sekitar pantai.

Kau juga cuma perlu membayar tarif parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk kendaraan beroda empat. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan pantainya, ya, Sobat!

4. Pantai Sari Goang

Berharap menikmati estetika alam Raja Ampat selagi di Mandalika? Pantai Sari Goang dapat menjadi opsi daerah tamasya Mandalika terbaikmu! Dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Lombok, Pantai Sari Goang menawarkan panorama asri dan natural sebab masih sedikit dikunjungi pelancong.

Pantai ini berada di Taman Tamasya Alam (TWA) Gunung Tunak, Desa Mertak, Lombok Tengah. Mempunyai warna air laut biru kehijauan, dengan hamparan pasir putih kecokelatan. Kecuali itu, pada tengah pantai, terdapat pulau kecil berupa batu karang yang berlubang. Inilah yang menjadi ciri khas Pantai Sari Goang.

Pantai Sari Goang betul-betul dianjurkan untuk mengamati sang surya terbit (sunrise). Untuk mengunjungi pantai ini, kau perlu membayar sebesar Rp15.000 per orang.

5. Pantai Penyisok

Mencari hidden gem yang ada di sekitar Mandalika? Coba kunjungi Pantai Penyisok. Pantai ini terletak di Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Acap disebut sebagai hidden gem sebab pesona alamnya masih belum terjamah. Sedangkan jalan masuk menuju pantai ini cukup ekstrem, tapi saat hingga pada lokasi, dijamin kau tak akan kecewa sebab panorama alamnya yang memanjakan mata.

Saat hingga di Pantai Penyisok kau akan disuguhkan dengan hamparan air laut pantai bening yang dapat kau nikmati dari atas tebing pantai. Hembusan angin teduh dan suasana alam yang segar pastinya akan me-refresh pikiran dari rutinitas yang padat.

Kau dapat menempuh Pantai Penyisok mengaplikasikan kendaraan atau berjalan kaki. Tapi, direkomendasikan untuk mengunjunginya ketika musim panas, ya, Sobat! Sebab kecuali panoramanya lebih cantik, jalan masuk jalan ketika musim panas juga tak licin sehingga lebih gampang dilewati. Harga Karcis Darah ke Pantai Penyisok yaitu Rp10.000 per orang.

6. Pantai Batu Tempat

Daerah tamasya Mandalika berikutnya yaitu Pantai Batu Tempat. Lokasi pantai ini berada tidak jauh dari zona Sirkuit Mandalika, merupakan di Serenang, Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Pantai ini bisa dicapai selama 15 menit perjalanan mengaplikasikan kendaraan beroda empat dari Sirkuit Mandala.

Kau bisa merasakan panorama hutan bakau di komponen pantai yang dekat dengan muara sungai. Pantai ini juga punya hamparan pasir putih yang bersih. Liburan berkunjung, kau juga tak perlu membayar karcis masuk, tetapi membayar tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp10.000 untuk roda empat.

7. Taman Tamasya Alam Gunung Tunak

Daerah tamasya Mandalika tak cuma pantai saja, lho, Sobat. Liburan berada di Mandalika, kau patut mengunjungi Taman Tamasya Alam (TWA) yang satu ini. TWA seluas 1.200 hektar ini berada di Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Kau juga bisa mengunjungi destinasi tamasya yang satu ini jikalau berencana berkunjung ke Pantai Sari Goang.

Taman Tamasya Alam yaitu daerah tamasya yang telah legal dikelola oleh Pemerintah sehingga fasilitas biasa, seperti zona parkir, WC, dan mushola telah komplit dan gampang ditemukan di sini. Taman Tamasya Alam Gunung Tunak menawarkan eksotika estetika alam dengan komposisi yang ideal antara pantai dan tebing-tebing perbukitan.

Untuk kau yang menyenangi fotografi, destinasi yang satu ini ideal untuk didatangi. Kecuali dekat dengan wilayah Sirkuit Mandalika, harga karcis masuknya bahkan relatif murah, merupakan Rp5.000 untuk hari lazim dan Rp7.500 untuk hari libur.

8. Desa Liburan Sade

Jikalau berharap berkunjung ke daerah tamasya adat di Mandalika, kau dapat datang ke Desa Liburan Sade, nih, Sobat! Desa Sade yaitu kawasan yang ditempati oleh suku absah Lombok, merupakan Suku Sasak Sade. Para masyarakat di sini masih mengontrol teguh skor kebiasaan dan adat istiadat leluhur Suku Sasak sehingga menarik untuk dikunjungi. Lokasi ideal desa tamasya ini berada di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah.

Liburan permulaan masuk, kau bisa seketika mengamati bangunan-bangunan tradisional khas Suku Sasak yang terbuat dari anyaman bambu, rumbia, dan kayu. Menariknya, kau juga dapat belajar membikin kain tenun khas Lombok dengan masyarakat yang ada di sini.

Kecuali itu, banyak titik foto menarik di desa tamasya ini. Kau bisa berfoto mengaplikasikan kain tenun khas Desa Liburan Sade supaya terkesan lebih etnik. Untuk masuk ke desa ini juga tak dipungut tarif, alias free.

9. Desa Mertak

Daerah tamasya Mandalika berikutnya yaitu Desa Mertak. Desa ini terletak di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di dalam wilayah Taman Tamasya Alam (TWA) Gunung Tunak. Jikalau berharap mengunjungi desa tamasya yang dekat dengan Sirkuit Mandalika, ini ia opsi terdekatnya.

Desa Mertak yaitu desa tamasya yang tercantum di dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. Desa ini juga masuk ke dalam Menjelang Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan tamasya bahari dan bermacam opsi ekowisata. Sekiranya layak untuk dihasilkan daerah tamasya Mandalika, nih, Sobat.

Ketika kancah MotoGP Indonesia GrandPrix 2022, Desa Mertak mulai memberesi desanya sebagai desa tamasya sehingga menjadi destinasi yang semestinya kau kunjungi selama berada di Mandalika. Di sini, kau dapat menemukan pantai, pegunungan, dan hutan bakau yang tentunya cantik-cantik. Banyak juga titik foto menarik dengan panorama alam yang luar lazim.

10. Air Terjun Mangku Sakti

Jikalau telah mengunjungi pantai dan desa adat, saatnya kau coba destinasi tamasya alam yang tidak keok menarik satu ini, merupakan air terjun! Air Terjun Mangku Sakti Batuan disebut sebagai salah satu surga tersembunyi di Lombok Timur. Lokasi tepatnya di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur.

Liburan pertama hingga ke destinasi ini, kau akan disuguhkan dengan suasana alam yang asri dengan pemandangan air terjun yang luar biasa. Menariknya, Air Terjun Mangku Sakti mempunyai air yang mengandung sulfur. Konon katanya, air yang mengandung sulfur ini dapat diaplikasikan untuk menyembuhkan beraneka penyakit kulit.

Untuk masuk ke Air Terjun Mangku Sakti kau perlu membayar tarif lebih kurang Rp10.000 – Rp20.000 untuk satu orang.

Similar Posts