5 Jurusan Kuliah Paling Murah

2 minutes, 11 seconds Read

Setiap perguruan tinggi negeri maupun swasta memiliki biaya kuliah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum memilih jurusan kuliah calon mahsiswa harus mengetahui besaran biaya kuliah pada jurusan yang diambil. Berikut ini 6 jurusan kuliah paling murah yang bisa menjadi rekomendasi buat kamu sebelum mendaftar UTBK-SBMPTN 2022.

Rincian biaya kuliah umumnya mencakup uang kuliah tunggal atau UKT, SKS, uang gedung, biaya praktikum, registrasi ulang, dan kebutuhan kuliah lainnya. Biaya-biaya kuliah tersebut ada yang dibayarkan pada awal, pertengahan atau akhir semester. Agar tidak terlalu membebani kedepannya, penting bagi siswa mengetahui besaran biaya kuliah pada jurusan yang ditempuh. Lantas, apa saja jurusan kuliah paling murah?

Dari sekian bayak jurusan yang disediakan kampus, terdapat jurusan kuliah dari yang paling mahal sampai dengan paling murah. Nah pada artikel berikut ini akan merekomendasikan jurusan kuliah dengan biaya paling murah yang bisa menjadi pilihan sebelum mendaftar UTBK-SBMPTN 2022.

6 Jurusan Kuliah Paling Murah 

1. Jurusan Ilmu Sosial 

Jurusan kuliah paling murah yang pertama yaitu seluruh program studi Ilmu sosial. Rata-rata pada setiap Universitas jurusan ini memiliki biaya yang relatif paling murah dibandingkan dengan jurusan lain.

Contoh jurusan yang ada di lingkup ilmu sosial diantaranya yaitu sejarah, bimbingan konseling, ilmu tafsir, antropologi, ilmu komunikasi, dan administrasi publik. Besaran biaya kuliah kurang lebih Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta per semester. Namun biaya tersebut bisa berbeda-beda tergantung perguruan tinggi masing-masing.

2. Jurusan Bahasa 

Jurusan bahasa menjadi jurusan yang memiliki biaya kuliah paling murah berikutnya. Untuk kamu yang minat mengambil program studi dengan biaya yang murah jurusan ini sangatlah cocok. Selain itu, pilihan jurusan di bidang ini pun beragam. Terdapat pilihan jurusan seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa China, bahasa Jerman, bahasa Korea, bahasa Jepang, dan lain sebagainya. Besaran biaya antara Rp 600 ribu – Rp 5 juta per semester.

3. Jurusan Ekonomi 

Jurusan dalam program studi ekonomi memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan jurusan lain. Jika masuk pada jurusan ini, nantinya kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai karena prospek kerjanya sangatlah luas. Jurusan yang bisa kamu pilih pada program studi ekonomi diantaranya yaitu seperti manajemen, ekonomi syariah, akuntansi, manajemen pembangunan, ekonomi bisnis dan lain sebagainya. Biaya Rp 500 ribu – Rp 5,5 juta per semester.

4. Jurusan Teknik 

Jurusan teknik identitik dengan biaya kuliah yang mahal. Namun terdapat jurusan dibidang teknik yang memiliki biaya yang lebih murah. Jurusan tersebut yaitu Teknik Pertanian, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Perairan, dan lainnya. Biaya rata-rata Rp 500 ribu – Rp 7 juta per semester.

5. Jurusan Ilmu Sains

Jurusan ilmu sains menjadi jurusan kuliah paling murah selanjutnya. Mahasiswa dapat menempuh pendidikan pada program studi ini dengan biaya yang relatif lebih murah. Jurusan pada bidang ini antara lain ilmu perpustakaan, perpustakaan dan sains informasi, ilmi informasi dan lain sebagainya. Biaya Rp 500 ribu – Rp 7 juta per semester.

Similar Posts