Tips Membuat Backlink Berkualitas

3 minutes, 9 seconds Read

Mengetahui Cara Membuat Backlink Berkualitas – Link building merupakan pekerjaan yang bertujuan agar bisa mendapatkan backlink dari website milik orang lain. Lalu apa tujuan membuat backlink?

Tujuan membuat backlink adalah untuk meningkatkan reputasi atau kata kunci website Anda di mesin pencari Google. Sehingga kata kunci yang Anda tuju dapat muncul di halaman pertama mesin pencari Google. Dari sinilah lalu lintas pengunjung website Anda berasal, jadi Anda perlu mengetahui cara membuat backlink berkualitas.

Apa itu Backlink Berkualitas?

Tidak semua backlink bagus untuk website Anda. Ada juga backlink buruk yang bisa membahayakan website Anda. Anda tidak boleh sembarangan dalam membuat backlink. Karena backlink yang baik bukan tentang kuantitas, tetapi lebih pada kualitas. Lalu, apa itu backlink yang berkualitas? Backlink dianggap berkualitas jika berasal dari sumber yang memang memiliki kredibilitas (otoritas) dan sudah terpercaya di mesin pencari Google.

Cara Membuat Backlink Berkualitas di Blog

Membangun atau membuat Backlink pada Social Bookmark

Social Bookmark adalah sebuah website/blog yang menyediakan tempat bagi kita untuk mensubmit link artikel ke blog mereka. Cara ini sering digunakan oleh para praktisi SEO dalam membuat backlink atau mencari trafik pengunjung. Namun para Blogger juga tetap berhati-hati dalam memilih situs Social Bookmaking, karena ada juga situs yang memiliki reputasi buruk dengan situsnya.

Membangun atau membuat Backlink dengan Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan yang dilakukan oleh Blogger untuk berjalan/berselancar di Internet dengan tujuan mengunjungi blog orang lain guna meningkatkan trafik dan memunculkan komentar yang relevan. Cara ini sangat positif oleh kedua belah pihak di dunia blogging. Selain meningkatkan traffic blog, juga membangun backlink yang bagus dan berkualitas. Jangan lupa juga untuk pakai jasa backlink murah terpercaya ya.

Membangun atau Membuat Backlink dengan cara Guest Blog atau Book

Blog Tamu sering digunakan oleh para Blogger dan praktisi SEO untuk meningkatkan pengunjung blog mereka. Yang dimaksud dengan blog tamu adalah menulis artikel di blog orang lain. Dengan Blog Tamu artikel yang sudah dibuat di blog orang lain biasanya bisa membuat backlink di artikel tersebut sebagai bentuk barter penulisan artikel. Cara ini juga sangat baik untuk meningkatkan traffic blog dan backlink yang berkualitas.

Membangun atau membuat Backlink dengan Forum Signature

Signature forum yang dimaksud adalah forum yang ada di dunia blogging, terutama yang memiliki reputasi situs yang baik. Cara melihat forum yang baik adalah dengan mengetahui jumlah anggota dan aktivitas forum dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya Forum, anda dapat berdiskusi dengan baik dan relevan sesuai dengan thread yang dikategorisasikan, jadi setelah membuat backlink di forum, teman-teman di forum tidak mempermasalahkan link aktif yang ada. Cara ini sangat baik untuk traffic blog dan backlink yang berkualitas.

Membangun Backlink dengan Social Media

Cara ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para Blogger. Hampir semua pengguna internet menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan dunia maya. Jadi cara ini juga dipercaya sangat menguntungkan untuk membuat backlink yang bagus dan berkualitas. Anda bisa menyebarkan atau membagikan artikel ke media sosial.

Namun perlu digaris bawahi karena trafik yang tidak seimbang antara media sosial dan trafik organik akan membuat jelek di Google Rank. Traffic antara media sosial dan organik dari search engine harus seimbang, tidak hanya mengandalkan media sosial. Tapi juga jangan takut, cara ini juga masih sangat bagus untuk membuat backlink yang berkualitas.

Jenis-jenis BacklinkBacklink Profile

Jenis backlink ini umumnya terdapat pada halaman profil pengguna terdaftar di sebuah situs. Seringkali format alamat profil seperti ini namawebsite.com/user/revorma.

Backlink Komentar

Jenis backlink ini paling sering dilakukan oleh blogger, publisher, atau optimasi. Karena bahkan orang yang tidak mengerti SEO pun sangat aktif melakukan link building jenis ini.

Social Bookmark

Jika social bookmarking ini adalah sebuah situs yang memungkinkan pengunjung untuk mengirimkan konten dari setiap website pengunjung.

Backlink Kontekstual

Ini adalah jenis backlink yang paling ampuh di antara jenis backlink lainnya. Saking ampuhnya melakukan jenis contextual link building ini, saya berani mengatakan 1 contextual backlink setara dengan 100 comment backlink di website yang sama-sama memiliki 15 DA.

Similar Posts