Jangan Dilarang, Bermain Hujan-hujanan Punya Manfaat Tersendiri untuk Anak

1 minute, 35 seconds Read

Orang tua pasti akan melarang anak-anaknya agar tidak bermain sambil hujan-hujanan. Tetapi larangan ini dapat dipahami, sebab orang tua tidak ingin anak-anaknya sakit.

Namun, sebenarnya bermain hujan-hujanan memiliki manfaat tersendiri, lho! Selama anak-anak mengenakan jas hujan dan sepatu bot, bermain hujan-hujanan akan berdampak baik bagi perkembangan mereka.

Jangan Dilarang, Bermain Hujan-hujanan Punya Manfaat Tersendiri untuk Anak

Berdasarkan laman Terpercaya, berikut manfaat dari bermain hujan-hujanan:

1. Tingkatkan keterampilan fisik

Anak-anak dapat mengembangkan keterampilan fisik lebih cepat dalam hujan. Karena kondisi licin, anak-anak perlu bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan yang baik, lebih meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik kasar mereka.

Selain itu, anak-anak perlu menggunakan keterampilan berpikir kritis saat mereka mengelola risiko dan mengevaluasi berbagai aktivitas. Ini bisa sesederhana memilih tempat berdiri dalam kondisi basah.

2. Mengenalkan gaya hidup sehat

Membiarkan anak-anak bermain di tengah hujan juga mengenalkan gaya hidup sehat karena mereka diajarkan sejak usia muda untuk selalu berolahraga, terlepas dari cuacanya.

Baca Juga:

https://www.ardianadw.com/3-masalah-hubungan-yang-paling-sering-dihadapi-pasangan-saat-ini/

3. Menyelidiki konsep ilmiah

Saat menjelajahi alam bebas saat hujan, anak-anak diberikan pengalaman baru tentang air.

Anak-anak dapat belajar tentang alam secara lebih mendalam ketika mereka mempertanyakan dan mengeksplorasi konsep-konsep ilmiah, seperti siklus air, awan dan cuaca, melalui bermain.

Selain itu, saat berjalan di tengah hujan, anak-anak dapat mengamati segala jenis binatang yang hanya muncul selama cuaca basah, mendorong mereka untuk bertanya tentang hewan-hewan, habitatnya dan lingkungan.

4. Melatih pengalaman sensorik

Dengan suara, pemandangan, bau, dan sentuhan yang berbeda, hujan benar-benar dapat meningkatkan pengalaman sensorik anak-anak.

Mereka dapat mendengarkan derai hujan di tanah, menyaksikan aspal berubah hitam pekat saat basah, merasakan permukaan yang lembab dan licin dan mencium aroma tanah saat hujan jatuh ke tanah kering. Masing-masing indera dapat dirangsang saat berada di luar ruangan.

5. Meningkatan kemandirian

Ketika anak-anak dibiarkan bermain di tengah hujan, mereka mulai belajar keterampilan mandiri. Membuat mereka berpikir hal apa yang mereka butuhkan untuk keluar saat cuaca basah.

Hal ini juga mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri, misalnya bagaimana mereka tetap kering dan hangat di luar ruangan.

Similar Posts