Kemampuan Fisik Orang dalam Melaksanakan Tugas Sehari-hari Ditentukan oleh Apa?

1 minute, 33 seconds Read

Kemampuan Fisik Orang dalam Melaksanakan Tugas Sehari-hari

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, kita dituntut untuk memiliki kemampuan fisik yang prima. Kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh kesehatan jasmani.

Jika fisik mengalami sakit, tentu kita hanya akan dapat terbaring di kasur dan tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Walaupun masih bisa melakukan aktivitas, orang yang mengalami sakit tidak akan mampu beraktivitas secara maksimal. Oleh karena itu, tubuh yang sehat sangat diperlukan agar memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas.
Kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan fisik yang dimiliki seseorang untuk melakukan berbagai latihan fisik dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki kebugaran jasmani akan membantu kita dalam melakukan berbagai kegiatan agar tidak mudah merasa lelah dan sakit yang berlebihan.

Contoh Kebugaran Jasmani untuk Latihan Kemampuan Fisik

Apa saja contoh kebugaran jasmani yang dapat dilakukan orang untuk latihan kemampuan fisik? Simak penjelasannya di bawah ini:
1. Keseimbangan
Mengutip buku Health is Easy oleh Ayuditya & Tjuatja (2013), keseimbangan merupakan kemampuan dalam mengendalikan tubuh agar dapat melakukan berbagai gerakan dengan baik. Contoh latihan keseimbangan untuk kebugaran jasmani berdiri dengan satu kaki atau melakukan peregangan otot kaki..
2. Koordinasi
Koordinasi merupakan kemampuan dalam memadukan berbagai gerakan yang berbeda, sehingga mampu dijalankan oleh setiap anggota tubuh secara seimbang.
3. Kelincahan
Kelincahan adalah suatu gerakan jasmani yang berkaitan dengan kemampuan untuk menyesuaikan diri di berbagai situasi. Latihan kelincahan yang dapat dilakukan yaitu dengan naik turun tangga dan juga zig zag.
4. Kekuatan
Kekuatan adalah kemampuan fisik yang dilakukan untuk melatih otot. Contoh latihan kekuatan yaitu push up, sit up, squat jump, dan lain-lain.
5. Kelenturan
Kelenturan juga termasuk bagian dari kebugaran jasmani yang perlu ditingkatkan efektifitasnya. Hal ini dilakukan agar kita tidak mudah mengalami cedera saat mengalami berbagai hal yang tidak terduga.
Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh kebugaran jasmani. Adapun kebugaran jasmani dapat diraih jika kita rutin melatih kelincahan, kekuatan, kelenturan, koordinasi, dan keseimbangan tubuh.

Similar Posts