Mahasiswa, Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Menghambat Kesuksesan di Dunia Karier

2 minutes, 23 seconds Read

Masa kuliah adalah salah satu masa penempaan bagi sebagian orang untuk melatih diri sebelum dunia kerja. Selain belajar di bidang akademik, mahasiswa juga perlu mencari sebanyak mungkin pembelajaran dan pengalaman untuk karier di masa depan.
Jika tidak dibiasakan untuk melatih diri, maka bukan tak mungkin mahasiswa akan memiliki kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang bisa menghambat kesuksesan.

Berikut ini adalah sederet kebiasaan yang bisa menghambat kesuksesan di dunia karier dikutip dari sumber terpercaya di Indonesia.

 

Mahasiswa, Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Menghambat Kesuksesan

6 Kebiasaan yang Bisa Menghambat Kesuksesan

1. Malas memulai

Hal yang selalu disadari namun tak pernah dianggap serius adalah kemalasan. Kebiasaan ini bisa saja muncul karena minimnya aktivitas mahasiswa selama kuliah yang bisa dilakukan dari rumah atau online.

Hal ini membuat gairah untuk beraktivitas dan produktif menjadi menurun. Padahal selepas lulus, mahasiswa perlu memiliki disiplin beraktivitas yang baik.

Untuk itu, sejak dini mahasiswa perlu menyadari dan memahami pentingnya melawan kemalasan. Lakukan aktivitas apapun setiap harinya yang bisa meningkatkan produktivitas.

 

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo Jadi Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah

 

2. Mudah membuat alasan

Banyak mahasiswa membuat alasan bahwa urusan dunia karier biar dipikirkan setelah lulus. Hal ini bisa merambat ke hal lain untuk mencari alasan demi menunda segala sesuatu.

Untuk sukses di dunia karier, mahasiswa perlu melatih diri agar bertanggung jawab terhadap apa yang sedang dijalani tanpa alasan.

Misalnya, untuk produktif maka tidak harus membuat alasan menunggu jadwal libur. Atau, untuk menabung tidak perlu menunggu ada uang banyak. Hal ini akan membuat diri lebih disiplin dan bertanggung jawab.

3. Menyepelekan pengeluaran kecil

Salah satu kebiasaan yang kerap ditemukan pada mahasiswa adalah nongkrong di kafe. Jika ini berlangsung setiap hari, maka tak sadar pengeluaran akan menjadi besar.

Kebiasaan kecil inilah yang membuat mahasiswa meremehkan sesuatu. Untuk itu, mulailah perhatikan kebutuhan dan tahan diri untuk membeli hal-hal kecil yang sebenarnya tidak perlu.

4. Mengikuti gaya hidup orang lain

Generasi milenial dan Z sangat mudah tergoda dengan gaya hidup kekinian. Padahal hal ini akan merugikan jika tidak sesuai dengan kondisi keuangan. Terlebih jika hal ini terbawa hingga di dunia karier, maka kamu bisa kesulitan mengatur keuangan.

Oleh karena itu, jangan memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup orang lain karena hal itu akan membuat disiplin yang tidak baik dalam diri.

5. Asal bergaul

Menjadi mahasiswa memang sedang asyik-asyiknya dalam bergaul. Namun perlu diperhatikan bahwa kamu tetap harus memiliki pergaulan yang bisa mendukung masa depan atau yang bisa memotivasi untuk produktif.

Tidak ada salahnya jika mahasiswa bergaul dengan siapapun. Tapi pastikan memiliki lingkungan yang bisa menjadi relasi di masa depan.

6. Mudah meratapi kegagalan

Agar bisa sukses di dunia karier, mahasiswa harus menyadari sejak dini bahwa kegagalan adalah hal yang akan ditemui. Jangan sampai mudah meratapi kegagalan sehingga bisa berpengaruh ke hal lain.

Kegagalan bukanlah sukses yang tertunda. Kegagalan adalah proses panjang agar mental dan jiwa berjuang selalu ada. Oleh karena itu, penting untuk menyadari sejak kuliah bahwa mendapat nilai jelek itu bukan berarti tidak sukses, tapi melatih diri agar terus berjuang tanpa henti.

Similar Posts