5 Alasan Mengapa Kita Harus Jujur dalam Menjalani Kehidupan

1 minute, 44 seconds Read
Dalam hubungan sehat, tidak ada seorang manusia pun yang mau dan rela untuk dibohongi, sebagai alasan mengapa kita harus jujur dalam hidup ini.
Mengapa kita harus jujur? Karena jujur adalah perintah dari Allah SWT yang juga teladan yang baik dari para rasul Allah SWT. Jujur adalah suatu sikap yang lurus hati, menyatakan yang sebenar-benarnya, tidak mengatakan kebohongan atau berkata hal-hal yang menyalahi apa yang terjadi (fakta).
Selain itu, jujur dapat diartikan sebagai tidak curang, melakukan sesuatu sesuai dengan aturan yang berlaku dan lain sebagainya. Jujur juga bisa bermakna kesesuaian antara niat dengan ucapan dan perbuatan seseorang.
5 Alasan Mengapa Kita Harus Jujur
Kejujuran seseorang terpancar atau tercermin pada perbuatan-perbuatan baik lainnya. Perbuatan yang tidak jujur akan memunculkan ketidakadilan.

Mengapa Kita Harus Jujur dalam Kehidupan?

Berikut 5 alasan mengapa kita harus jujur dalam kehidupan ini. Kejujuran yang dimaksud adalah jujur dalam berkata dan juga bertindak.
  • Tidak ada seorang pun ingin ditipu atau dibohongi.
  • Kejujuran adalah dasar dari perbuatan-perbuatan baik lainnya. Jujur adalah induk dari sikap terpuji karena membawa pada kebaikan yang satu ke kebaikan yang lain.
  • Sikap jujur akan melahirkan ketenangan. Jujur menjadikan hidup lebih tenang, tentram dan damai. Hal ini bertolak belakang dengan sikap tidak jujur atau gemar berdusta, hidupnya tidak akan bisa tenang karena selalu memikirkan kebohongannya.
  • Selain tentu saja kerja keras, usaha, dan nasib baik, kejujuran sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam segala kehidupan.
  • Jujur adalah dasar dari sebuah kepercayaan. Bila kita sekali dapat dipercaya, orang lain akan mempercayai kita untuk seterusnya.
Dalam buku Aku Berani Jujur: Serial Buku Cerita Pembangun Karakter Anak, Kak Yudi (2015), diterangkan bahwa sebagai manusia, cobalah untuk bersikap jujur mulai dari dalam niat, kemudian berlanjut dalam batin, dalam pikiran, dalam ucapan, hingga jujur dalam tindakan atau perilaku.
Kejujuran itu seperti rantai yang tak boleh putus, jadi harus kuat di semua mata rantainya. Bila kita tidak jujur di salah satunya, menjadikan keseluruhannya tidak jujur. Lantaran itulah, kita harus meyakini bahwa kejujuran sangatlah penting dalam kehidupan kita. Kejujuran harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semua kegiatan yang kita jalani, karena pada dasarnya ia merupakan sumber segala kebaikan.

Similar Posts