Tanpa Ribet, Ini Tips Praktis Bayar Pajak Kendaraan agar Tak Kena Denda

1 minute, 52 seconds Read

Tips Praktis Bayar Pajak Kendaraan agar Tak Kena Denda

Selain melakukan perawatan kendaraan dan memperpanjang surat izin mengemudi (SIM), pemilik kendaraan wajib membayar pajak kendaraan. Pembayaran pajak kendaraan biasanya dilakukan setahun sekali.
Umumnya, proses pembayaran pajak kendaraan dilakukan langsung ke kantor Samsat setempat. Sayangnya, proses itu dianggap ribet, cenderung berbelit, dan makan waktu banyak. Hal ini jadi alasan para pemilik kendaraan untuk menunda-nunda pembayaran.

Bagi yang masih berpikir seperti itu, coba dikesampingkan dulu. Sebab bayar pajak kendaraan sekarang nggak perlu ribet kok. Ada dua metode dengan syarat mudah yang bisa kamu kamu manfaatkan agar pajak kendaraan bisa segera dibayar dan tanpa kena denda.

Baca juga: Pengumuman! Beras Premium hingga Daging Impor Batal Kena Pajak

Cara Konvensional

Tanpa harus datang ke kantor Samsat pusat dan takut antre lama, kamu bisa memanfaatkan layanan Samsat keliling. Layanan yang disediakan Polri itu yang tersebar di beberapa daerah yang biasanya merupakan pusat keramaian seperti pasar atau mall.

Samsat keliling hadir dalam bentuk mobil yang bagian belakangnya dijadikan loket pembayaran. Jadi, kamu dapat terhindar dari penumpukan antrean di kantor pusat Samsat.

Syaratnya cukup mudah, yaitu kamu tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan lebih dari 1 tahun. Kamu juga harus membawa beberapa dokumen agar pembayaran dapat segera diproses. Berikut dokumen yang harus kamu bawa: E-KTP Asli Pemilik sesuai data di STNK, BPKB Asli-Foto kopi (untuk Wilayah Polda Metro Jaya), STNK Asli, dan Bukti Pelunasan PKB dan SWDKLL (SKPD telah divalidasi) tahun terakhir.

Sistem Online

Jika kamu masih khawatir harus berlomba-lomba datang pagi ke Samsat keliling, kamu dapat memanfaatkan DANA. Di aplikasi DANA, kamu bisa bayar pajak dengan #BebasDrama lewat SIGNAL (Samsat Digital Nasional).

Caranya gampang, kamu hanya perlu membuka aplikasi DANA, lalu tap “Semua Layanan” di beranda DANA, selanjutnya tap “SIGNAL” pada kolom “Tagihan” lalu masukan kode bayar.

Jangan lupa Check Bill terus tap “Confirm” dan “Bayar”. Setelah itu bukti status dan transaksi pembayaran akan segera kamu terima.

Nah, layanan DANA ini bisa dimanfaatkan untuk membayar pajak kendaraan di sejumlah daerah lho, seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Riau, Banten, Sumatera Barat, Jambi, NTB, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

Selain mudah, DANA juga menawarkan keuntungan lainnya! Buat kamu yang belum pernah membayar SNTK via SIGNAL di DANA, kamu akan mendapatkan cashback hingga Rp25.000. Jadi, tunggu apalagi? Yuk download dan pakai DANA agar pembayaran pajak kendaraanmu lebih mudah.

Similar Posts