Dampak Kurang Olahraga Bagi Otak, Bikin Susah Konsentrasi Hingga Depresi!

1 minute, 21 seconds Read

Dampak Kurang Olahraga Bagi Otak

Olahraga telah lama dikenal baik buat kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, sebenarnya olahraga juga memberi pengaruh pada fungsi baik otak lho, Sobat!

Karenanya kamu perlu rutin berolahraga setiap minggunya. Menurut Celina Nadelman seorang ahli cycthopathology, sepuluh hari tanpa olahraga bisa menghilangkan fungsi kognitif otak.

Tak hanya itu, dampak dari kurang olahraga selanjutnya bagi otak antara lain:

Sulit Konsentrasi

Melansir dari laman Men’s Health, tinjauan yang dipublikasikan British Medical Journal mengungkap kalau olahraga singkat selama 10-40 menit bisa meningkatkan konsentrasi. Ini karena olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

Tentunya hal ini sangat penting, mengingat dalam aktivitas sehari-hari, kita perlu berkonsentrasi agar pekerjaan dapat segera selesai dengan efektif dan efisien, bukan?

Sering Berpikiran Negatif

Belakangan lebih sering berpikiran negatifnya dari positif? Mungkin karena kamu kurang olahraga beberapa hari ke belakang. Olahraga diketahui memang bisa membantu mengurangi kelebihan emosi negatif yang tengah merundung.

Ketika berolahraga, tubuh memproduksi hormon endorfin yang berguna untuk memberikan rileks. Demikian dikutip dari laman Real Simple. Selain itu ketika sedang stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan epinephrine.

Olahraga sejenak ketika tengah tegang atau marah juga akan membantu tubuhmu melepaskan emosi negatif tersebut, serta meningkatkan hormon bahagia: serotonin dan endorfin. Sudah pernah membuktikannya sendiri

Risiko Depresi

Manfaat olahraga, akan membuat tubuh melepaskan zat kimia yang membuat nyaman, di antaranya anandamide dan endocannabinoids ke otak. Alhasil, senyawa tadi membuat rasa gembira serta menghadang rasa sakit.

Apa hubungannya dengan depresi? Bila tubuh kekurangan zat kimia tersebut, maka orang tersebut cenderung akan cemas hingga depresi.

Well, setelah mengetahui pentingnya olahraga bagi fungsi otak, jangan lagi malas buat melakukannya, ya!

 

Baca Juga: Korban Tewas Gempuran Rusia ke Mal Ukraina Bertambah Jadi 6 Orang

Similar Posts