Mengenal Ragam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

5 minutes, 6 seconds Read
Kita mengenal ada berbagai jenis bahan alami yang ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu contohnya adalah bahan alami yang sering digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit. Ternyata ada begitu banyak manfaat kunyit yang dapat dirasakan langsung oleh tubuh kita.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

Bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk memberi warna kuning alami ini bisa membantu memelihara kondisi tubuh. Khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh ternyata sangat beraga. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pertama yang diberikan oleh kunyit adalah mencegah penyakit jantung. Seperti kita tahu bahwa jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Jantung menjadi pusat kendali bagi tubuh dan kunyit akan membantu memelihara kerja jantung secara optimal.

Kunyit diketahui punya sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kedua sifat ini punya peran yang penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain itu kunyit juga punya kandungan kurkumin yang bisa meningkatkan fungsi sel-sel lapisan pembuluh darah.

  1. Meredakan Nyeri Osteoarthritis

Kunyit juga bisa menjadi salah satu pilihan obat herbal yang cocok diberikan kepada penderita osteoarthritis. Bahan alami ini akan membantu meredakan nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit tersebut. Diketahui bahwa peran kunyit ini sebanding dengan ibuprofen untuk mengobati peradangan tulang.

Hanya saja penting untuk diketahui bahwa konsumsi kunyit pada penderita osteoarthritis harus dikonsultasikan dengan dokter. Konsumsi bahan herbal ini bisa saja harus diimbangi dengan jenis obat lainnya. Oleh sebab itu petunjuk dari dokter sangat dibutuhkan dalam hal ini.

  1. Mengobati Gangguan Pencernaan

Jenis kunyit yang efektif mengatasi gangguan pencernaan adalah kunyit putih.  Dalam kunyit terdapat kandungan kurkumin yang diketahui bisa bekerja efektif dalam mengobati gangguan pencernaan tersebut. Beberapa masalah saluran pencernaan yang bisa diatasi oleh kunyit adalah dispepsia, pankreatitis, juga irritable bowel syndrome.

Beragam jenis masalah saluran pencernaan juga bisa diatasi oleh kunyit. Kunyit ini mengandung minyak esensial yang diketahui bisa mengobati perut kembung, BAB tidak lancar, tukak lambung akibat asam yang tinggi, juga masalah nafsu makan. Cara konsumsinya bisa beragam, yang paling umum adalah dibuat sebagai minuman.

  1. Mengobati Penyakit Asma

Manfaat kunyit berikutnya adalah bisa membantu mengobati penyakit asma. Kunyit diketahui bisa mengurangi obstruksi jalan napas. Konsumsi kunyit secara efektif diketahui bisa meredakan nyeri yang dialami oleh penderita asma. Dengan begitu pernapasan bisa kembali berjalan normal dan tentu saja akan meningkatkan rasa nyaman bagi si penderita.

Kunyit diketahui memiliki kandungan zat anti kataral yang bekerja efektif pada saluran pernapasan. Zat ini diketahui bisa melawan virus yang spesifik menyerang saluran pernapasan. Selain untuk pengobatan, kunyit juga bisa dijadikan sebagai pilihan ramuan terapi setelah serangan asma.

  1. Meningkatkan Imunitas

Kunyit juga banyak diburu sejak masyarakat berhadapan dengan situasi pandemi. Alasannya sangat sederhana yaitu karena kunyit bisa membantu memperkuat sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Itulah mengapa konsumsi kunyit dianggap bisa secara efektif melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Zat kurkumin pada kunyit diketahui bisa bekerja efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat sistem pertahanan dalam tubuh jadi semakin kuat dan meminimalkan risiko terserang penyakit. Agar imunitas bisa bertambah kuat, sangat disarankan untuk mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin.

  1. Melawan Infeksi dalam Tubuh

Infeksi dapat terjadi kapan saja dan mungkin juga bisa menyebabkan berbagai jenis komplikasi. Kunyit merupakan salah satu jenis bahan tradisional yang dianggap efektif melawan berbagai jenis infeksi dalam tubuh. Terutama untuk jenis kunyit putih yang bisa melawan infeksi jamur dan bakteri sebelum berkembang semakin parah.

  1. Mencegah Inflamasi

Selain mengatasi infeksi, kunyit ternyata juga bermanfaat untuk mencegah inflamasi atau peradangan. Lagi-lagi peran antiinflamasi ini dijalankan oleh zat kurkumin yang ada pada kunyit. Bahkan disebutkan bahwa kurkumin merupakan jenis antiinflamasi yang jauh lebih efektif daripada ibuprofen dan aspirin yang biasa digunakan untuk mencegah radang.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat untuk Kecantikan

Tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, kunyit ternyata juga memberi banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Khasiat kunyit bagi kecantikan begitu beragam. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

  1. Mencerahkan Kulit

Kunyit memiliki perpaduan zat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa bekerja sama membuat kulit jadi terlihat lebih cerah alami. Tak heran jika bahan kunyit ini sering dijadikan sebagai masker wajah agar terlihat cerah. Biasanya kunyit akan dicampur dengan madu dan greek yoghurt lalu diaplikasikan sebagai masker.

Namun pastikan untuk tidak terlalu lama mengaplikasikan kulit sebagai masker. Cukup selama 10-15 menit kemudian bilas permukaan kulit wajah sampai bersih. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya bekas kuning di kulit akibat warna kunyit yang terbilang cukup kuat.

  1. Mengatasi Kantung Mata

Selama ini banyak sekali orang yang bermasalah dengan kantung mata mereka. Tampilan kantung mata yang buruk tentu saja akan berpengaruh pada tampilan wajah secara menyeluruh. Oleh sebab itu dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu manfaat kunyit adalah meredakan tampilan kantung mata yang terlihat semakin memburuk. Kunyit diketahui punya sifat anti inflamasi yang akan memperlancar sirkulasi darah, khususnya di area mata. Jika peredaran darah lancar maka bengkak di bagian bawah mata atau kantung mata akan berkurang.

  1. Melembapkan Kulit

Kunci kulit yang sehat dan cantik adalah kelembaban. Jika kondisi kulit lembab maka berbagai jenis masalah kulit bisa dihindari. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk menjaga kelembapan kulit secara optimal.

Kunyit diketahui bisa membantu melembabkan kulit secara mendalam. Selain itu bahan tradisional ini juga diketahui bisa mempercepat proses regenerasi kulit. Pemakaian masker dari kunyit secara efektif akan membuat kulit jadi lebih lembab dan tidak kusam karena sel-sel kulit mati terangkat.

  1. Meredakan Bekas Jerawat

Tak bisa dipungkiri bahwa jerawat memang jadi salah satu masalah kulit terbesar bagi banyak orang. Masalah jerawat ini kadang sangat sulit untuk dihadapi apalagi jika sudah membekas hitam. Bekas-bekas jerawat tersebut bahkan bisa bertahan menahun dan menurunkan rasa percaya diri.

Masker kunyit diketahui bisa membantu mengatasi masalah bekas jerawat ini. Di dalam kunyit ada zat anti inflamasi yang akan mendukung proses perbaikan struktur pori-pori wajah. Kunyit akan membuat kulit jauh lebih tenang sehingga pembentukan jaringan parut jadi berkurang.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Kunyit juga bisa secara efektif digunakan untuk mencegah kanker kulit. Kandungan antioksidan pada kunyit akan membantu menangkal radikal bebas sehingga menurunkan risiko kanker. Untuk mendapatkan manfaat ini kunyit dapat dikonsumsi dalam berbagai cara.

Baca Artikel Menarik Lainnya: MU Akhirnya Pilih Erik Ten Hag?

Manfaat kunyit ternyata sangat beragam bagi kesehatan maupun kecantikan. Anda bisa mulai mengkonsumsi kunyit secara teratur untuk mendapatkan berbagai manfaat. Baik jenis kunyit kuning maupun putih sama-sama memiliki khasiat dan bisa Anda gunakan untuk memelihara kesehatan tubuh serta kecantikan kulit.

Similar Posts