Putin Berniat ke Indonesia, ‘Benteng Berjalan’ 7 Ton Ikut Dibawa?

1 minute, 38 seconds Read

Presiden Rusia, Vladimir Putin dikabarkan akan menghadiri KTT G20 yang akan dihelat di Bali pada November 2022 mendatang. Sebagai orang penting, Putin biasa menggunakan mobil dinasnya untuk acara internasional. Akankah ‘benteng berjalan’ Putin dibawa ke Indonesia?
Mobil dinas Putin diketahui merupakan merek lokal Rusia, Aurus Senat. Putin sudah menggunakan mobil tersebut sejak Mei 2018.

Aurus Senat bahkan kerap menemani Putin dalam agenda internasional. Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 misalnya, Putin dua kali terlihat berada di dalam Aurus Senat di Argentina (2018), dan Jepang (2019).

Putin Berniat ke Indonesia

Wajar saja, sebab Aurus Senat bagai ‘benteng berjalan’ bagi Putin. Chief Excecutive, Franz Hilgert berbicara kepada The National, mobil untuk Vladimir Putin dengan bobot mencapai tujuh ton dan panjang hampir 7 meter itu punya fitur rahasia.

Beberapa fitur ‘benteng berjalan’ untuk melindungi Putin di antaranya dapat menahan ledakan, tembakan, dan serangan gas kimia. Senat Aurus juga dibekali komunikasi canggih, yang menjadikannya pusat komando di dalam mobil.

Selain itu, kaca dari mobil Aurus juga dipertebal hingga 6 cm. Senat Aurus dilapisi dengan pelapis baja dan berada di atas ban Kevlar agar tetap berjalan saat ditembak.

Kabar kehadiran putin diumumkan Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Georgievna Vorobieva, Rabu (23/3/2022) lalu. Vorobieva mengatakan Rusia akan terus mendukung Presidensi Indonesia di G20 tahun ini.

“Tidak hanya G20, banyak organisasi berusaha untuk mengusir Rusia. Reaksi Barat benar-benar tidak proporsional,” kata duta besar Vorobieva dalam konferensi pers pada hari Rabu dikutip dari Reuters (23/3/2022).

Bicara mobil khusus VIP KTT G20 sebenarnya sudah diumumkan. Hyundai Motor Group menunjuk mobil listrik Genesis G80 sebagai mobil resmi VIP untuk para petinggi negara peserta KTT G20 Bali 2022.

Genesis adalah merek otomotif mewah global dari Hyundai Motor Group yang memberikan standar tinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan inovasi.

Secara spesifikasi G80 sebagai official kendaraan VIP KTT G20 Bali memilik perbedaan dimensi. Mobil ini sebelumnya memiliki ukuran panjang 5005 mm, tetapi menjadi lebih panjang yakni 5.222 mm.

Model lain yang juga disiapkan untuk para delegasi KTT G20 ialah Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona. Totalnya mencapai 42 unit.

Baca juga: Berapa Gaji Perawat di Indonesia?

Similar Posts