Spek Mobil Listrik Pertama Toyota yang Bakal Kawal KTT G20

1 minute, 32 seconds Read

Spek Mobil Listrik Pertama Toyota yang Bakal Kawal KTT G20

Mobil listrik Toyota bZ4X akan digunakan dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Ratusan unit Toyota bZ4X disinyalir bakal wara-wiri mengantar para delegasi pada Oktober – November 2022.
Toyota dilaporkan bakal mengirimkan 143 unit BZ4X. Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengamini bahwa Toyota menyediakan ratusan SUV listrik BZ4X untuk menjadi kendaraan operasional KTT G20.

Toyota bZ4X merupakan mobil listrik pertama dari merek Toyota. Secara tampilan, Toyota bZ4X ini sangat futuristik. Mobil ini memiliki grille heksagonal kecil di bagian bawah dan terdapat semacam insang vertikal di ujung kanan kirinya.

Toyota bZ4X merupakan hasil kolaborasi Toyota dengan Subaru. Mobil ini mengusung platform e-TNGA yang didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Secara spesifikasi di atas kertas, mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

Sekali isi penuh baterai, mobil listrik ini bisa menjangkau jarak hingga 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD. Baterai mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW. Dengan sistem pengisian arus DC, mengisi daya sampai 80 persen cuma 30 menit.

Toyota mengklaim kapasitas baterai akan tetap 90 persen dari kondisi awal setelah 10 tahun penggunaan atau 240.000 km. Pada saat yang sama, terdapat keamanan sel baterai tingkat tinggi termasuk pemantauan tegangan, arus, dan suhu baterai yang berlebihan, penghapusan kontaminasi ditambah pendingin dengan resistansi tinggi.

Baca juga: Densus 88 Antiteror Tangkap 16 Tersangka Teroris di Sumbar!

Toyota bZ4X tipe FWD dibekali motor listrik tunggal yang dipasang di gandar depan. Motor listrik itu mempunyai tenaga maksimal 201 daya kuda. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 8,4 detik.

Sementara varian AWD menghadirkan dua motor listrik di gandar depan dan belakang. Masing-masing bisa menghasilkan 107 daya kuda dengan output gabungan 215 daya kuda. Meski 85 kg lebih berat, Toyota bZ4X AWD bisa berakselerasi lebih cepat, 0-100 km/jam dalam 7,7 detik.

Similar Posts