KIP Kuliah Bisa untuk PTN, PTS, Jalur Mandiri: Ini Cara Cek Kampus yang Menerima

1 minute, 39 seconds Read

Kemendikbudristek menegaskan, KIP Kuliah juga bisa untuk pendaftaran perguruan tinggi swasta (PTS), tidak hanya perguruan tinggi negeri (PTN).
Keterangan ini sebelumnya disampaikan oleh Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Abdul Kahar melalui program virtual Silaturahmi Merdeka Belajar: Semua Bisa Kuliah dengan KIP Kuliah yang digelar Kamis (24/03/2022). Pendaftarannya pun cukup satu kali, satu akun dapat dipakai di semua seleksi.

KIP Kuliah Bisa untuk PTN, PTS, Jalur Mandiri: Ini Cara Cek Kampus yang Menerima

“Satu kali saja membuat akun, bisa digunakan sepanjang tahun selama masa pendaftaran dan untuk seluruh jalur masuk perguruan tinggi baik PTN maupun PTS,” jelas Kahar.

Sehingga, calon mahasiswa baru yang tidak lulus jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2022 juga tidak perlu khawatir, sebab KIP Kuliah bisa untuk pendaftaran jalur mandiri.

“Jika tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pilih lagi Seleksi Mandiri, dan seterusnya,” terang Kahar dalam kesempatan yang sama, seperti dikutip dari Kemdikbud RI.

Mahasiswa berstatus aktif yang ingin pindah jurusan melalui SBMPTN 2022 atau jalur mandiri pun masih memiliki kesempatan mendaftar KIP Kuliah. Namun, yang bersangkutan wajib belum pernah menjadi penerima KIP Kuliah atau beasiswa lain pada tahun berjalan/sebelumnya, dan harus memenuhi persyaratan.

“Itu kan artinya ikut seleksi baru. Nah, itu secara paralel bisa mengikuti pendaftaran KIP Kuliah Merdeka. Pada prinsipnya, KIP Kuliah menyasar mahasiswa dengan kategori baru,” ungkapnya.

Bagi yang berencana mendaftarkan diri di PTS, kalian bisa cek terlebih dulu apakah kampus yang dituju menerima mahasiswa KIP Kuliah.

Cara Cek PTN dan PTS yang Menerima KIP Kuliah

1. Buka https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
2. Arahkan kursor ke bawah hingga menemukan segmen Cari Perguruan Tinggi/Program Studi Penerima KIP Kuliah
3. Ketik nama PTN atau PTS yang dicari melalui kolom pencarian
4. Apabila ingin melihat status dibuka-tidaknya pendaftaran dan seleksi mandiri di perguruan tinggi yang dicari, klik Lihat Profil.

Dengan demikian, calon mahasiswa baru 2022 tak perlu bingung, KIP Kuliah bisa digunakan dalam pendaftaran jalur mandiri dan untuk perguruan tinggi swasta.
Kahar menegaskan, “Bagi yang berminat kuliah tahun ini dan memenuhi kriteria penerima KIP Kuliah, mohon jangan ragu daftar KIP Kuliah Merdeka. InsyaAllah semua bisa kuliah.”

Similar Posts