9 Kelebihan dan Kekurangan SMA Swasta! Kamu Wajib Tahu Sebelum Masuk SMA!

5 minutes, 30 seconds Read

9 Kelebihan dan Kekurangan SMA Swasta

Setelah lulus SMP tentunya kamu akan melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke Sekolah Menengas Atas atau biasa disingkat SMA. SMA merupakan saat terakhir kamu bersekolah formal seperti seorang siswa sebelum akhirnya kamu pergi ke perguruan tinggi. Karena itu, kamu harus mempersiapkan masa SMA kamu dengan baik. Sehingga, tentu kamu harus memilih sekolah yang sesuai dengan diri kamu.

Jenjang memiliki bermacam jenis atau pilihan. Terdapat sekolah SMA negeri, SMA swasta, bahkan SMK. Setiap pilihan ini, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika kamu masih bingung dan tidak tahu ingin sekolah dimana, maka kamu harus melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, dan pilihlah yang sesuai dengan diri kamu. Berikut, penulis berikan kelebihan dan kekurangan SMA Swasta.

Baca Juga: KIP Kuliah Bisa untuk PTN, PTS, Jalur Mandiri: Ini Cara Cek Kampus yang Menerima

Kelebihan SMA Swasta

1. Fasilitas memadai

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa sekolah swasta memiliki fasilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan sekolah negeri. Ini dapat dibenarkan, fasilitas belajar mengajar di sekolah swasta memang mungkin lebih baik di beberapa sekolah. Contohnya seperti terdapat pendingin ruangan di setiap ruangan, meja kursi yang terlihat lebih nyaman dan berkondisi baik, hingga LCD projector hingga laptop.

Selain itu, terdapat pula ruangan lain yang bisa dianggap sebagai fasilitas yang diberikan sekolah. Misal saja lapangan olahraga yang lebih lengkap dan luas, kolam renang dibeberapa sekolah swasta, dan juga terdapat beberapa ruang kegiatan yang luas dan nyaman. Terdapat juga fasilitas lain berupa pelayanan dan kebersihan di sekolah swasta.

2. Guru professional

Guru-guru di sekolah swasta juga lebih professional, karena menjadi guru di sekolah swasta selain memiliki prestasi dan etika yang baik, juga harus dapat memobilisasi proses belajar mengajar dengan baik. Hal ini dikarenakan murid di sekolah swasta dianggap sebagai customer bagi sekolah, sehingga para pekerja seperti harus melayani dengan memberikan yang terbaik bagi para murid.

Contoh saja, seorang guru harus memastikan para murid mampu menangkap pelajaran yang diberikan dengan baik dan dapat menikmati fasilitas belajar mengajar dengan efektif, sehingga terkadang para guru perlu memikirkan berbagai cara agar siswa tidak bosan selama belajar di kelas dengan memberikan berbagai metode pengajaran.

3. Cara belajar

Di sekolah swasta kamu akan lebih dituntun selama proses belajar mengajar. Sehingga sekolah swasta memiliki cara belajar yang lebih ketat dan tertata. Para guru juga akan lebih sering untuk menegur kamu untuk mengejar ketertinggalan kamu dalam proses belajar mengajar. Sehingga dipastikan seluruh siswa dapat mengikuti proses belajar dengan baik.

Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan cara belajar diskusi. Para siswa dapat dengan aktif bertanya, menjawab, atau menanggapai setiap pelajaran yang guru berikan. Sehingga terkadang siswa dari sekolah swasta merupakan siswa yang lebih aktif berpendapat.

4. Memiliki banyak kegiatan

Di sekolah swasta seringkali terdapat berbagai kegiatan penunjang belajar mengajar siswa. Hal ini dilakukan terkadang juga agar para siswa tidak jenuh untuk belajar di sekolah. Selain untuk hal itu, juga untuk membangun moral dan karakter siswa yang juga menjadi tanggung jawab sekolah di dalam sekolah swasta.

Contoh kegiatan yang sering diadakan di sekolah swasta adalah kegiatan berkemah, wisata perpisahan, kegiatan pendalam rohani, pentas seni, acara peringatan ulang tahun sekolah, hingga berbagai lomba di setiap momen perayaan. Sehingga dengan adanya berbagai kegiatan ini kamu juga bisa menjadi tidak bosan untuk bersekolah.

5. Memiliki keunggulan yang menjadi ciri khas

Setiap sekolah swasta pasti memiliki suatu hal yang menjadi ciri khas mereka. Hal ini merupakan hal penting agar para siswa dapat mengetahui keunggulan mereka dan menjadi tertatik untuk menjadi murid di sekolah tersebut. Contoh ciri khas dari keunggulan suatu sekolah adalah jurusan bahasa yang baik, unggul dalam olahraga, atau sekolah memiliki banyak jalur beasiswa luar negeri.

Jika kamu ingin masuk ke dalam sekolah swasta maka pilihlah sekolah yang memiliki keunggulan sesuai dengan diri kamu. Dengan begitu, kamu dapat menikmati hal terbaik yang dimiliki sekolah tersebut.

6. Memiliki banyak kerjasama dengan universitas swasta hingga luar negeri

Sekolah swasta biasanya merupakan miik suatu yayasan yang mungkin memiliki banyak sekolah atau banyak koneksi dengan yayasan lain. Sehingga sekolah swasta memiliki banyak koneksi dengan perguruan tinggi swasta. Dari hal ini, suatu perguruan tinggi swasta sering memberi tawaran beasiswa kepada para siswa dari sekolah swasta tersebut.

Sekolah swasta juga sering mengadakan yang namanya pameran pendidikan. Pameran pendidikan ini merupakan ajang bagi universitas untuk melakukan promosi terhadap siswa. Universitas yang mengikuti kesempatan ini cenderung banyak universitas swasta.

Akan tetapi, juga ada universitas negeri maupun beberapa universitas dari luar negeri yang ikut serta dalam pameran pendidikan ini. Sehingga, hal ini menjadi kesempatan bagi kamu yang mungkin ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Kekurangan SMA Swasta

1. Biaya

Terlihat dari tenaga kerja yang berkualitas dan profesional serta banyak fasilitas yang baik diberikan kepada siswa, sudah dapat ditebak jika biaya untuk bersekolah tidaklah sedikit. Sekolah swasta juga dikenal akan biayanya yang jika dibandingkan dengan sekolah negeri sangat jauh berbeda. Karena itu, terdapat pula perbedaan dalam fasilitas, pelayanan hingga tenaga pengajar.

Selain itu, adanya berbagai kegiatan penunjang juga tak lain berasal dari biaya yang kamu berikan untuk sekolah. Mahalnya uang sekolah di sekolah swasta ternyata memiliki beragam alasan dibelakangnya. Sekolah swasta juga tentunya mengambil profit karena bersifat milik pribadi, hal ini juga memperberat biaya uang sekolah kamu.

2. Pergaulan

Para siswa di sekolah swasta cenderung memiliki suatu kesamaan yang kentara. Misalnya kesamaan agama dalam sekolah swasta Islam, atau sekolah swasta Kristen. Hal ini mengakibatkan kurang adanya keberagaman di sekolah swasta, sehingga kamu nantinya mungkin akan kaget ketika bergaul di tengah masyarakat yang memiliki banyak latar belakang.

Selain itu, terdapat pula kesamaan kehidupan sosial ekonomi diantara para siswanya. Orang yang bersekolah di suatu sekolah swasta cenderung merupakan orang yang cukup berada. Sehingga jika mungkin terdapat beberapa siswa yang berbeda akan menimbulkan suatu kesenjangan sosial di dalam pergaulan antar siswa tersebut. Hal ini tentunya tidak baik bagi setiap siswa yang bersekolah disebut.

3. Sedikit sulit untuk masuk perguruan tinggi negeri

Perguruan tinggi negeri cenderung lebih melihat dan menerima siswa yang berasal dari SMA negeri pula. Hal ini membuat siswa dari sekolah SMA swasta memiliki lebih sedikit kesempatan untuk masuk ke dalam perguruan tinggi negeri.

Terutama dalam jalur seleksi nilai atau SNMPTN. Selain karena kuota terbatas, di SMA swasta mungkin terdapat penilaian lebih ketat serta perbedaan kurikulum sehingga lebih sulit untuk mendapat nilai rapor jauh di atas rata-rata.

Karena hal itu, sekolah swasta mengantipasi dengan lebih banyak membuat koneksi dengan perguruan tinggi swasta, dan mencari beasiswa bagi para muridnya di suatu universitas swasta. Agar para muridnya juga bisa mencari jalan lain selain menuju perguruan tinggi negeri.

Sekarang, kamu sudah tau kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sekolah swasta. Selanjutnya, kamu harus menentukan sendiri kamu ingin pergi melanjutkan di sekolah SMA negeri atau di SMA swasta.

Setiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangnnya, sehingga kamu harus menyesuaikan sendiri dengan kemampuan dirimu dan masa depan kamu. Segera tentukan agar kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Similar Posts