Ini Kelompok yang Tidak Boleh Daftar SBMPTN 2022, Catat Ya

2 minutes, 18 seconds Read

Ini Kelompok yang Tidak Boleh Daftar SBMPTN 2022

SBMPTN 2022 menjadi jalur seleksi masuk PTN berikutnya usai SNMPTN. Pengumuman SNMPTN 2022 sudah bisa diakses pada Selasa, 29 Maret 2022 sejak pukul 15.00 WIB melalui laman utama atau mirror.
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ini bisa diakses seluruh siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di PTN. Namun ada kelompoknya yang sebaiknya tidak daftar SBMPTN.

Ketentuan ini tidak hanya berlaku saat SBMPTN 2022, namun seleksi sejenis di beberapa tahun sebelumnya. Peserta yang nekat harus siap menanggung risikonya terkait peluang melanjutkan pendidikan di PTN.

Siapa yang tidak boleh daftar SBMPTN 2022?
Ketua Pelaksana LTMPT, Prof Dr Ir Budi Prasetyo Widyobroto, DESS, DEA, mengatakan kelompok yang sebaiknya tidak daftar SBMPTN 2022. Mereka adalah yang sudah lolos jalur SNMPTN 2022.

“Adik-adik yang sudah diterima di jalur SNMPTN yang akan diumumkan pada tanggal 29 Maret 2022 sudah tidak diizinkan lagi mendaftar UTBK SBMPTN,” ujarnya dalam Sosialisasi SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan Jalur Masuk UI 2022 pada Januari 2022.

Peserta yang lolos SNMPTN namun nekat daftar SBMPTN 2022 tidak bisa mengikuti UTBK. Padahal nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah syarat masuk PTN. Di saat bersamaan, peserta tidak melakukan registrasi dan daftar ulang usai dinyatakan lolos SNMPTN.

Akibatnya, peluang peserta masuk PTN tertutup sama sekali. Peserta tidak bisa melanjutkan pendidikan di universitas pilihan yang menjadi impiannya. Bagi peserta yang nekat harus siap menerima akibatnya.

“Adik-adik ini juga kena hukuman 3 tahun lho. Jadi yang diterima di SNMPTN 2020, 2021, tapi tidak daftar ulang, tahun ini pun mendaftar UTBK SBMPTN nggak bisa,” kata Budi dalam agenda SMB: Sukses Masuk PTN Bersama LTMPT pada Februari 2022.

Selain yang sudah lolos SNMPTN, mereka yang tidak memenuhi syarat SBMPTN 2022 sebaiknya tidak perlu mendaftar. Dikutip dari laman LTMPT, berikut syarat yang harus dipatuhi

Syarat SBMPTN 2022
1. Memiliki akun LTMPT permanen.

2. WNI yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.

5. Lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

6. Tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022.

7. Syarat tes peserta:

– Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek

– Peserta yang akan memilih prodi Soshum maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum

– Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek dan TKA Soshum.

8. Khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.

9. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

10. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

11. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.

12. Membayar biaya UTBK.

Peserta yang tidak memenuhi seluruh syarat SBMPTN 2022, sebaiknya memilih jalur seleksi lain untuk melanjutkan kuliah di PTN.

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Anak Menghargai Perbedaan dan Pentingnya Toleransi

Similar Posts