Daftar 7 Kota Termahal Indonesia Beserta Universitasnya

Daftar 7 Kota Termahal Indonesia Beserta Universitasnya

2 minutes, 7 seconds Read

Biaya hidup di kota seringkali menjadi pertimbangan bagi mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi. Biasanya kota-kota besar yang memiliki kampus terbaik identik dengan biaya yang mahal.
Meski begitu, mahasiswa tetap bisa menyesuaikan biaya hidup berdasarkan kebutuhan paling penting. Hal ini juga sekaligus melatih mahasiswa dalam manajemen hidup.

Lantas kota mana saja yang dikenal paling mahal di Indonesia? Berikut daftarnya dikutip dari CNBC Indonesia.

7 Kota Termahal Indonesia dan Universitas yang Ada di Dalamnya:
1. Jakarta
Posisi pertama yang dinobatkan sebagai kota termahal RI adalah Ibu Kota Indonesia sekaligus pusat bisnis, Jakarta. Menurut survei biaya hidup (SBH) terakhir yang dilakukan Badan Pusat Statistik RI pada tahun 2018 menunjukkan bahwa total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Jakarta adalah Rp 4.446.770.

Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp 16.897.727. Meski begitu, mahasiswa tetap bisa menyesuaikan pengeluaran dengan tepat berdasarkan prioritas kebutuhan.

Adapun beberapa universitas terbaik yang ada di Jakarta di antaranya adalah Universitas Negeri Jakarta, Binus University, dan Universitas Trisakti.

2. Surabaya
Pengeluaran di Surabaya rata-rata sebesar Rp 4.240.902 per kapita. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp 16.115.429.

Sebagai kota metropolitan terbesar di Jawa Timur, Surabaya dikenal memiliki universitas terbaik. Mulai dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, hingga Universitas Negeri Surabaya.

3. Bekasi
Dikenal sebagai kota Industri, total rata-rata pengeluaran per kapita di Bekasi adalah Rp 4.119.168. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp 16.888.582.

Beberapa universitas yang ada di Bekasi di antaranya adalah Universitas Gunadarma, Universitas Mercu Buana Bekasi, dan Universitas Esa Unggul.

4. Depok
Kota Depok memiliki kampus terbaik di Indonesia yakni Universitas Indonesia. Soal biaya, total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Depok adalah Rp 3.424.560. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp 13.355.784.

Baca juga: Ini Daftar Prospek Karier Jurusan Teknik Kimia, Bisa Kerja di Pertambangan

5. Semarang
Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini memiliki total rata-rata pengeluaran per kapita di Semarang mencapai Rp 3.257.315. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp 13.680.725.

Sebagai kota terbesar di Jawa Tengah, Semarang juga memiliki kampus favorit yakni Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Negeri Walisongo, dan sebagainya.

6. Tangerang
Sebagai kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek, total rata-rata pengeluaran per kapita di Tangerang adalah Rp 3.287.159. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp 12.491.204.

Untuk kampus sendiri ada Universitas Multimedia Nusantara hingga Universitas Pelita Harapan.

7. Makassar
Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan ini dikenal sebagai salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia dan menjadi tujuan para mahasiswa. Total rata-rata pengeluaran per kapita di Makassar adalah Rp 3.253.338. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp 14.640.022.

Beberapa kampus favorit di Makassar antara lain Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Similar Posts