Apa yang Terjadi Jika Manusia Menghentikan Waktu?

Apa yang akan terjadi jika manusia berhasil menghentikan waktu barang satu detik? Pertanyaan ini menjadi sangat menarik untuk dibahas, terlebih banyak superhero bisa melakukannya seperti Flash Man dari Mega Man 2 atau yang terkenal Dr Strange dari Marvel.
Jika kamu benar-benar penasaran, kita akan membahas ini lebih lanjut mengutip tulisan yang dipublikasikan oleh Discovery. Mulai dengan menyamakan persepsi tentang ‘menghenti waktu’. Apabila kamu memiliki kekuatan untuk menghentikan waktu, kamu kemungkinan tidak bsia memanfaatkannya karena kamu juga akan membeku di tempat. Karena itu, mari kita asumsikan yang kita maksud adalah ‘menghentikan waktu untuk segalanya kecuali dirimu’.

Seperti yang ditulis fisikawan Sean Carroll dalam ‘From Eternity to Here’, untuk menghentikan waktu, kamu harus memperhitungkan setiap molekul cairan dan udara di dalam dan di luar tubuh. Jika seseorang tidak bisa bergerak bebas, maka kita bisa berasumsi bahwa molekul di dalam dirinya juga harus berhenti. Artinya, kemampuan menghentikan waktu hampir mustahil.

Julian Huguet seorang penulis buku ‘The Science of Empathy, Always Learning’ juga berpendapat ini hal yang sangat sulit dilakukan.

“Foton yang bergerak dengan kecepatan cahaya mendapatkan aturan khusus mereka sendiri,” katanya.

“Mereka tidak mengalami waktu atau jarak sejauh yang mereka tahu; mereka hanya dipancarkan dan diserap,” lanjutnya.

Dalam interpretasi Huguet, ini berarti bahwa setiap foton yang telah dipancarkan oleh bola lampu, layar perangkat, atau sinar matahari akan terus bergerak sementara dunia di sekitarnya berhenti. Kemungkinan kamu masih akan mendengar keheningan sesaat saat waktu berhenti tetapi ini juga tergantung dari sumber cahaya di sekitar.

Oke deh, kalau menghentikan waktu terlalu sulit, bagaimana jika kamu memperlambat waktu? Bisa?

Sayangnya itu kemungkinan juga tidak berhasil. Ketika kamu memperlambat gelombang elektromagnetik (cahaya) dan gelombang tekanan (suara), kamu mendapatkan gelombang dengan frekuensi yang lebih rendah.

Apa yang terjadi pada suara pada frekuensi yang lebih rendah? Nada turun, dalam hal ini ke frekuensi yang kemungkinan di bawah jangkauan pendengaran manusia. Cahaya pada frekuensi yang lebih rendah bergeser dan bergerak ke ujung spektrum elektromagnetik dengan panjang gelombang yang lebih panjang, turun ke alam inframerah, gelombang mikro, dan gelombang radio. Jika kamu berhasil memperlambat waktu, kemungkinan itu juga tidak akan terlihat dan disadari oleh kamu sendiri.

Kesimpulannya, jika seseorang memiliki kemampuan untuk menghentikan waktu, itu berarti ia mempunyai salah satu kekuatan super dalam kategori tinggi dan ‘berbahaya’. Mirip membaca pikiran dan mengubah semua yang kamu sentuh menjadi emas, itu adalah hal yang hampir tidak mungkin. Hmm, kalau begitu, apa yang dilakukan Dr Strange udah kemampuan tingkat dewa tuh, Sobat.

Baca Juga: Indonesia Bakal Punya 3 Provinsi Baru, Anak Sekolah Juga Perlu Pahami