Fakta-Fakta Gagalnya Italia ke Piala Dunia 2022

Italia gagal ke Piala Dunia 2022 di Qatar setelah didepak Makedonia Utara. Berikut fakta-fakta kegagalan Gli Azzurri.
Laga Italia vs Makedonia Utara di semifinal play-off Piala Dunia 2022 digelar di Renzo Barbera, Palermo, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB. Italia yang tampil dominan akhirnya kalah dengan skor 0-1.

Tuan rumah gagal memanfaatkan peluang-peluang yang didapat di sepanjang pertandingan. Sebaliknya, Makedonia Utara mencetak satu-satunya gol di injury time lewat tembakan Aleksandar Trajkovski dari luar kotak penalti.

Itu berarti Italia dipastikan tidak akan tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar yang akan digelar pada November mendatang. Ini jadi kali kedua secara beruntun Italia melewatkan turnamen akbar empat tahunan itu.

Italia juga absen di Piala Dunia 2018. Italia yang kala itu ditangani oleh Gian Piero Ventura, disingkirkan Swedia di play-off pada 2017 dengan agregat 0-1.

Azzurri sebetulnya sangat dominan saat melawan Makedonia Utara. Lawan malah tidak mampu menyentuh bola di area penalti Italia.

Baca juga:

Dua Tahun Berlalu, Negara Ini Baru Hadapi Gelombang Pertama COVID-19

Berikut fakta-fakta kegagalan Italia, yang dirangkum dari berbagai sumber:

-Italia untuk pertama kalinya gagal ke Piala Dunia secara beruntun. Italia sebelumnya pernah gagal ke Piala Dunia 1958.

-Domenico Berardi, dari Italia, menjadi pemain paling banyak melakukan percobaan tembakan ke gawang lawan (8), namun hanya 2 dari usaha pemain Palermo ini yang tepat sasaran.

-Untuk pertama kalinya di babak pertama kualifikasi Piala Dunia ini, Italia tidak membiarkan lawannya melakukan sentuhan di area penalti.

-Aleksandar Trajkovski, 29 tahun, juga mencetak gol saat Makedonia Utara bermain imbang 1-1 dengan Italia di babak kualifikasi Piala Dunia pada Oktober 2017. Pemain klub Al Fayha (Arab Saudi) ini sudah mencetak 20 gal dalam kariernya di timnas.

-Italia gagal ke Piala Dunia 2022 di hadapan suporternya sendiri, seperti saat gagal ke Piala Dunia 2018.