Mengintip Dua Kampus Almamater Luhut & Elon Musk di Luar Negeri, Usianya Sangat Tua

Elon Musk dan Luhut Binsar Pandjaitan lulusan mana? Ternyata, keduanya sama-sama lulusan universitas bergengsi di Amerika Serikat, lo.
Elon Musk dulunya menempuh gelar sarjana di University of Pennsylvania dan lulus dari sana. Kampus ini terletak di Philadelphia.

Sementara, dikatakan dalam laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menko Marves Luhut pernah menempuh studi Masters in Public Administration di George Washington University.

Baca juga: 7 Link Beasiswa di Luar Negeri, Mana Incaranmu?

University of Pennsylvania, Almamater Elon Musk

Mengutip dari situs resmi mereka, bapak pendiri University of Pennsylvania adalah benjamin Franklin. Perguruan tinggi ini mempunyai budaya pragmatisme aktif, sebagaimana diartikulasikan dari pepatah Franklin yang berbunyi, “Dilakukan dengan baik adalah lebih baik dari diucapkan lebih baik.”

Kampus almamater CEO SpaceX dan Tesla ini didirikan pada 1740 ketika timbul sebuah rencana untuk membangun sekolah amal Philadelphia. Saat masih proses pembangunan, rupanya biayanya jauh lebih besar dari sumber daya yang tersedia, sehingga sempat tidak rampung selama satu dekade.

Tahun 1749, Benjamin Franklin yang bapak pendiri Amerika Serikat itu kemudian menerbitkan esai berjudul Proposals Relating to the Education of Youth. Esai ini diedarkan ke para warga terkemuka di Philadelphia.

Dia juga mengorganisir 24 penanggung jawab aset untuk membentuk suatu institusi pendidikan tinggi menurut usulannya. Kelompok ini pun membeli gedung yang sempat mangkrak tersebut.

Tahun 1751, kampusnya resmi dibuka untuk para anak bangsawan dan kelas pekerja. Franklin menjabat sebagai pimpinan di sana sampai 1755 dan tetap bertugas sebagai penanggung jawab sampai dia wafat tahun 1790.

George Washington University, Almamater Luhut Binsar Pandjaitan

Pada 1819, Luther Rice, Obadiah B. Brown, dan Spencer H. Cone, dan Enoch Reynolds yang seluruhnya adalah pemuka agama, menggagas sebuah perguruan tinggi di daerahnya. Mereka mengumpulkan dana untuk membeli tanah di ibu kota, dan mengusulkan petisi kepada Kongres untuk memperoleh sertifikat, serta mulai mengorganisir perguruan tinggi.

Tanggal 9 Februari 1821, Presiden James Monroe menandatangani Act of Congress sebagai wujud didirikannya perguruan tinggi tersebut. Pada mulanya, kampus ini bernama Columbian College.Mereka mengumpulkan dana untuk membeli tanah di ibu kota, dan mengusulkan petisi kepada Kongres untuk memperoleh sertifikat, serta mulai mengorganisir perguruan tinggi.

Universitas ini pun banyak berkembang di era 1800-an, hingga pada akhirnya pada tahun 1904, namanya berubah menjadi The George Washington University melalui Act of Congress.

Itulah sejarah singkat kampus Elon Musk dan Luhut Binsar Pandjaitan.